7 Tips Mempersiapkan Biaya Prewedding dengan Cermat

jess-bailey-q10VITrVYUM-unsplash

Sebelum melangsungkan pesta pernikahan, umumnya setiap pasangan membuat sesi foto prewedding.

Foto prewedding jadi salah satu cara untuk mengabadikan momen, yang nantinya bisa dibagikan kepada orang-orang sekitar, baik melalui media sosial maupun di tampilkan saat pesta pernikahan.

Momen prewedding juga bisa jadi salah satu cara membagikan momen yang kamu ingin bagikan, serta cerita kamu dan pasangan yang terangkum dalam sebuah foto.

Selain undangan pernikahan, dekorasi, wardrobe dan make up serta daftar checklist lainnya yang perlu direncanakan dalam pesta pernikahan, prewedding juga masuk kedalam daftar checklist.


Perencanaan prewedding juga perlu perencanaan yang cermat, agar efektif secara biaya. Kira- kira gimana caranya mempersiapkan biaya prewedding agar tak membengkak . Untuk calon pengantin, berikut 7 tips buat mempersiapkan biaya prewedding dengan cermat.

1. Tentukan Anggaran dan Sesuaikan dengan Budget

Tentukan anggaran yang dapat kamu alokasikan sesuai budget untuk sesi foto prewedding dan sesuaikan juga dengan prioritas, jangan sampai melebihi kemampuan finansial yang dimiliki.


2. Cari Fotografer/Vendor yang Sesuai dengan Style Kamu dan Pasangan

Cari fotografer yang sesuai dengan gaya dan keinginanmu, Kamu bisa juga sekalian melakukan riset beberapa fotografer atau vendor untuk membandingkan biaya yang ditawarkannya.

3. Pilihlah Lokasi yang Strategis

Pilih tempat yang strategis dan mudah dijangkau, sehingga tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk transportasi dan akomodasi. Jika memungkinkan carilah di kota kamu dan pasangan tinggal, jadi tidak harus ke luar kota.

4. Gunakan Pakaian dan Aksesoris Sendiri

Tips yang sangat menghemat biaya prewedding adalah menggunakan pakaian dan aksesoris sendiri. Sehingga tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk menyewa atau membeli.

5. Manfaatkan Promo dan Diskon

Jangan ragu untuk memanfaatkan promo dan diskon yang ditawarkan oleh fotografer atau vendor. Lumayan jika ada promo dan diskon bisa menghemat budget untuk keperluan lainnya.

6. Sisihkan Biaya Tambahan

Di tengah proses sesi prewedding akan ada biaya tambahan lainya seperti biaya makan dan minum, biaya makeup artist, dan biaya untuk mengedit dan mencetak foto-foto tersebut. Jadi selalu sisihkan beberapa biaya tambahan untuk kebutuhan tersebut.

7. Lakukan Persiapan Sedini Mungkin

Lakukan persiapan sedini mungkin, sehingga kamu memiliki waktu yang cukup untuk mencari referensi, menentukan pilihan, dan menyiapkan segala keperluan yang diperlukan dalam melakukan sesi prewedding.

Dan hasil foto prewedding bisa kamu tampilkan dalam undangan digital. Karena undangan digital mendukung untuk menampilkan foto kamu dan pasangan. Dan invigital sebagai vendor undangan digital bisa mengabulkan keinginan itu.