5 Alasan yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Memilih Wedding Venue

pexels-ichad-windhiagiri-7082467-1

Sebelum berencana membuat undangan pernikahan tentunya kamu perlu menentukan terlebih dahulu tempat akad dan resepsi pernikahanmu. Menentukan tempat menjadi prioritas utama di antara kebutuhan persiapan pernikahan lainnya. Namun sebelum menentukan tempatnya, ada beberapa alasan dan pertimbangan dalam memilih tempat digelarnya baik akad maupun resepsi pernikahan.

Lokasi

Dalam mempersiapkan pernikahan, lokasi menjadi prioritas pertama untuk mempertimbangkan tempat akad maupun resepsi digelar. Biasanya lokasi dipilih tak jauh dari rumah calon pengantin, namun tak menutup kemungkinan juga lokasi yang dipilih jauh dari rumah para calon pengantin. 

Apalagi sekarang sudah banyak akad dan resepsi pernikahan di gelar di lokasi seperti pantai. Maka dari itu kamu bisa mempertimbangkan jaraknya apakah dekat pusat kota, lokasinya mudah dijangkau oleh transportasi online. kemudian kondisi jalan serta bila menggelar pernikahan malam hari pastikan juga penerangan jalan menuju lokasi itu baik. Sehingga tidak menyulitkan para tamu undangan

Ketersediaan Tempat

Dalam menentukan tempat, hal selanjutnya yang bisa lakukan adalah memastikan ketersediaan tempat. Apalagi jika kamu sudah mencatat tanggal cantik untuk hari pernikahanmu, tentunya ingin mendapat tempat pernikahan impian juga. 

Agar mendapatkan tempat yang diinginkan, kamu bisa mencoba memesannya jauh-jauh hari misalnya satu tahun sebelumnya, sehingga memungkinkan mendapatkan diskon dan penawaran menarik jika memesan lebih awal.

Biaya dan Fasilitas yang Ditawarkan

Sebelum memilih tempat pernikahan, kamu perlu cek berapa biaya yang akan dikeluarkan untuk menyewa tempat, namun pastikan pilihlah tempat yang sesuai budget kamu. Setelah mengetahui berapa biaya nya kamu bisa cek fasilitas apa saja yang didapatkan seperti berapa kapasitas tempat duduk, apakah memiliki lahan parkir yang luas, serta apakah ramah bagi disabilitas, apakah akan dikenakan biaya lagi jika mendatangkan vendor yang tak terafiliasi. Dan jika sudah merasa pas, kamu bisa menanyakan juga bagaimana skema pembayarannya.


Sesuaikan dengan Tamu yang Hadir 

Memilih tempat yang pas untuk pernikahanmu bisa disesuaikan juga dengan berapa banyak tamu yang diundang dalam pernikahan. Karena akan sangat tidak efektif memilih tempat misalnya seperti cafe/resto namun tamu yang diundangnya itu banyak sehingga akan memberikan rasa yang tidak nyaman kepada para tamu yang hadir. Jadi kamu bisa memastikan berapa kapasitas tempat dan kamu pun punya perkiraan tamu yang hadir.

Pastikan Tempat Mempunyai Penanganan Situasi Darurat dan Berbahaya

Tentunya kita semua tidak menginginkan hal-hal buruk terjadi di hari pernikahan kita. Namun tetap saja ini menyangkut keselamatan kamu dan para tamu undangan. Jadi kamu bisa memastikan bagaimana fasilitas keamanan di tempat, dan apakah para petugasnya sudah terlatih untuk menghadapi situasi darurat dan bahaya. Sehingga jika terjadi, maka bisa ditangani dengan cepat sehingga meminimalisir adanya korban.