5 Tips atasi Stres Menjelang Hari Pernikahan

leonardo-miranda-riHGdvluDk8-unsplash-(1) 1 (1)

Banyaknya list daftar yang harus diselesaikan dalam mempersiapkan pernikahan, seperti membuat undangan, memilih venue, menyusun rincian biaya dan masih banyak lagi kebutuhan menjelang pernikahan bisa jadi salah satu pemicu stres. 

Namun stres menjelang hari pernikahan itu merupakan hal yang wajar asalkan tidak terlalu berlebihan. Untuk itu kamu perlu tahu penyebab stres itu sendiri apakah dari dalam atau luar diri. Sebagai upaya antisipasinya kamu bisa menggunakan cara-cara berikut ini untuk mengatasi stres menjelang hari pernikahan.

Tenangkan dan Siapkan Diri

Karena menjelang hari pernikahan selalu muncul perasaan khawatir, cemas akan pernikahan. Sebagai solusinya kamu bisa mengalihkan dengan cara menenangkan diri, melakukan refleksi, atau bisa menulis jurnal. Hal itu di lakukan agar pikiran dan hati kamu tenang. Setelah pikiran dan hatimu tenang, kamu bisa mempersiapkan diri dengan ditemani para brides maid.


Hindari hal-hal yang Membuat Tak Nyaman

Solusi selanjutnya adalah kamu perlu jujur pada dirimu sendiri jika ada hal-hal yang membuatmu tak nyaman, misalnya kamu harus melakukan persiapan di hotel tapi kamu inginnya dirumah atau tak boleh dulu bertemu mempelai pria. Jika itu hal yang membuat kamu tak nyaman, coba utarakan dan buatlah situasi se normal mungkin.

Melatih Janji Nikah

Karena pernikahan itu adalah suatu yang sakral dan penuh makna, disinilah kamu diminta untuk keseriusan serta komitmen. Itu semua akan terlihat bagaimana kamu membacakan sebuah janji nikah. Maka dari itu, sebelum menuju hari pernikahan, kamu bisa memanfaatkan untuk berlatih membacakan janji nikah, agar kamu siap dan terlatih tanpa di bayangi rasa gugup.


Jangan Sungkan Meminta Bantuan

Jika kamu merasa bahwa semuanya harus diselesaikan sendiri, coba tarik nafas, tenangkan diri dan jangan sungkan untuk meminta bantuan. Jika kamu ingin resepsi pernikahanmu berjalan dengan baik, kamu bisa meminta bantuan para wedding organizer atau wedding planner yang akan membantumu untuk mempersiapkan semua rangkaian acara hingga hari pernikahan. Dan jangan sungkan juga, untuk meminta bantuan sahabat atau profesional seperti psikolog sebagai teman bercerita menjelang hari pernikahan.


Persiapkan Rencana Cadangan

Ternyata ada hal yang tak bisa kita kendalikan sepenuhnya dalam mempersiapkan pernikahan misalnya seperti kondisi cuaca, tamu diluar daftar undangan. Daripada fokus pada apa yang tak bisa kendalikan sebagai solusinya kamu perlu menyiapkan backup plan, sehingga kamu siap dengan segala kemungkinan yang ada.

Dibalik kebahagiaan di hari pernikahan ada perjuangan, banyak hal-hal diluar kendali kita, namun percayalah itu bagian dari proses yang membuat kamu dan pasangan menjadi kompak dan bisa melewati bersama-sama hari pernikahan yang tak terlupakan. Maka yakinkan dan mantapkan hati sebelum hari pernikahan, agar hal-hal yang tak diinginkan takan terjadi.