5 Tips Sebelum Memilih Fotografer untuk Acara Pernikahan

rsz_ub906qjbhvuxvxakprdyjeontpknu8ojkqxs14nh

Mengabadikan momen indah merupakan hal yang kerap sering dilakukan banyak orang. Selain mengenang memori dengan abadi, menyimpan kenangan dalam berbentuk dokumentasi seperti foto atau video akan menyenangkan untuk dikenang. Maka dari itu, diperlukan jasa dokumentasi untuk acara pernikahan, namun memilih fotografer termasuk dalam keputusan yang tidak mudah jika dibandingkan dengan pemilihan vendor, menu makanan dan sebagainya.

Tidak seperti lokasi atau makanan yang dapat dilihat serta dicicipi, fotografi untuk acara pernikahan tidak dapat dirasakan untuk melakukan tes uji kualitasnya. Oleh karena itu, banyak hal yang perlu diperhatikan dalam memilih jasa seorang fotografer untuk mendapatkan jasa dan hasil yang tepat sesuai harapan. Berikut 5 tips yang harus diperhatikan sebelum memilih jasa fotografi untuk acara pernikahan kamu dan pasangan,

Miliki Konsep yang Jelas

Menetapkan ide akan konsep yang jelas dapat membantu kamu dan pasangan mempersempit pilihan fotografer. Apakah kamu dan pasangan tertarik pada fotografi yang lebih tradisional, gambar pose, dengan senyuman kamera yang cantik? Atau mungkin lebih suka nuansa dokumenter yang tidak memerlukan gambar yang berpose? Atau memilih fotografi yang menangkap emosi besar dan detail kecil untuk menceritakan kisah pilihan calon pengantin sepanjang hari?

Dengan cara ini, kamu dan pasangan tidak perlu kewalahan dalam membatasi diri pada satu gaya tertentu, atau konsep yang terlalu banyak. Selain itu, konsep yang jelas akan membantu fotografer yang dipilih untuk menggunakan alat bantu apa saja yang akan digunakan pada acara pernikahan Kamu dan pasangan.

Perbanyak Informasi

Dengan memulai pencarian fotografer dan membaca ulasan dan menelusuri internet. Tidak banyak calon pengantin sadar bahwa detail latar belakang sangat penting untuk diketahui sehingga membantu hasil fotografi dengan kualitas yang diinginkan. 

Maka dari itu memperkaya informasi melalui mengecek setiap situs web dan blog fotografi yang dicari untuk melihat karyanya jasa fotografi tersebut akan mempermudah Kamu dan pasangan untuk lebih yakin terhadap pilihan jasa fotografi yang akan digunakan dalam acara pernikahan.

Pahami Jasa yang Ditawarkan

Memastikan tahu apa yang kamu dan pasangan dapatkan dalam paket foto yang akan dipilih. Sangat disarankan untuk mengetahui dan berdiskusi berapa lama fotografer bekerja untuk pernikahan, berapa banyak album hasil foto yang akan diterima, Apakah ada biaya lain yang diperlukan? Apakah sudah termasuk dengan foto studio yang diambil? Tidak lupa untuk bertanya apakah foto studio dapat mengundang keluarga dan teman ke studio?

Sebelum menentukan pilihan, calon pengantin dan fotografer harus mendiskusikan poin-poin ini untuk menghindari kesalahpahaman yang tidak diinginkan di masa mendatang.  Dengan memahami hak dan kewajiban masing-masing pihak, semua pihak akan merasakan tujuan dalam kepuasan yang nyaman.

Kenali Lebih Dekat Fotografer

Pada hari spesial Kamu dan pasangan, pilihlah seseorang dengan kepribadian cocok bersama calon pengantin. Hal ini sangat penting karena menciptakan koneksi dapat menciptakan gambar terbaik penuh dengan emosi nyata. Selain itu, bekerja dengan jasa fotografi yang cocok dengan pemahaman fotografi, serta sosial yang kuat bisa membuat Kamu dan pasangan merasa nyaman mengambil foto dalam situasi apapun.

Pastikan Kontrak Kerja

Hal yang penting untuk diperhatikan yaitu memperhatikan detail kontrak kerja. Dalam sebuah kontrak kerja biasanya mencakup detail pekerjaan apa saja yang dilakukan fotografer serta persetujuan calon kedua mempelai bersangkutan. Sangat disarankan agar calon pengantin memiliki perjanjian tertulis dengan fotografer.

Baca kontrak yang ada dengan cermat dan, jika hal ini memungkinkan, Kamu dan pasangan dapat membandingkan dengan jasa fotografi lainnya sebelum menandatangani kontrak. Diskusikan bersama pasangan mengenai keinginan dan prioritas untuk pernikahan agar elemen yang dibutuhkan untuk membuat pernikahan impian semakin terasa nyata.

Momen pernikahan sudah sepantasnya untuk diabadikan dengan foto berkualitas tinggi, meski tidak mudah dalam menemukan jasa fotografi namun tidak dapat dipungkiri bahwa bantuan fotografer akan membuat segalanya menjadi lebih mudah. Serta memberikan banyak keuntungan, salah satunya tidak akan merasa kecewa pada saat melangsungkan pernikahan karena konsep dan hasil yang dipilih sesuai dengan keinginan.