5 Hal yang Harus Diperhatikan ketika Budgeting Pernikahan

photo-1554224155-8d04cb21cd6c

Ada banyak persiapan pernikahan yang perlu diperhatikan calon pengantin. Bahkan, butuh waktu hingga satu tahun untuk mempersiapkan semuanya. Dimulai dengan persiapan mental, persiapan lamaran, dan persiapan finansial, serta persiapan resepsi pernikahan. 

Seperti yang banyak orang ketahui, pernikahan adalah salah satu moment terbaik dalam hidup, tidak murah. Akan tetapi banyak sekali pasangan mengalami hambatan antara impian pernikahan dengan realita kondisi keuangan yang dimiliki. 

Menyelenggarakan pernikahan tidak semudah atau murah kelihatannya, namun harga menentukan kualitas. Maka dari itu perlu rencana dalam mempersiapkan budget serta meluruskan visi bersama untuk mewujudkan pernikahan impian, berikut 5 hal yang harus diperhatikan ketika merencanakan budget pernikahan,

Mempertimbangkan Lokasi

Sumber Foto: Pexels

Lokasi pernikahan merupakan elemen utama dalam mewujudkan pernikahan impian, sangat disarankan untuk pasangan yang berbahagia ini untuk mencatat, mengatur serta mempersiapkan keuangan dalam memesan lokasi atau venue tempat pernikahan akan terjadi. 

Kesalahan banyak calon pengantin adalah tidak memperhatikan bahwa ketersediaan venue harus dilakukan bulan atau tahun sebelum pernikahan terjadi, sulit sekali mendapatkan lokasi yang tersedia dalam waktu yang sangat sempit. Makanya jangan sampai lupa ya!

Pastikan Biaya Dekorasi

Sumber Foto: Unsplash

Dekorasi penting karena merupakan hal pertama yang dilihat tamu dan juga menentukan konsep acara. Sekarang ini terdapat banyak sekali tema dekorasi yang bisa dipilih, mulai dari tema tradisional, klasik, glamor hingga rustic. 

Untuk biayanya, tergantung pilihan aksesoris dan pilihan jenis bunga yang digunakan. Bagi kamu dan pasangan yang ingin berhemat, bisa menggunakan bunga plastik atau bunga dari pedagang lokal. Dengan penataan yang tepat, dekorasi tidak kalah menawan!

Pastikan Jasa Katering

Sumber Foto: Pexels

Selain dekorasi, pilihan menu dan rasa makanannya bisa dibilang paling berkesan bagi para tamu. Menggunakan jasa catering menjadi pilihan utama bagi pasangan yang ingin praktis. 

Soal harga, sesuaikan pilihan menu makanan yang disediakan dari selera dan pilihan pasangan pengantin lalu sesuaikan dengan jumlah tamu. Selain itu, terdapat alternatif lain yaitu menggunakan jasa juru masak. Opsi ini mungkin lebih murah, tetapi pasangan tetap perlu menyewa peralatan masak untuk kebutuhan juru masak.

Pikirkan Pakaian dan Make Up Pengantin

Sumber Foto: Pexels

Pakaian yang akan dikenakan pasangan biasanya menjadi perhatian utama dalam acara pernikahan. Untuk kamu yang ingin memiliki pakaian sebagai media kenang-kenangan momen terbahagia kamu, atau menginginkan keluarga dapat menyimpan baju tersebut dapat menyiapkan anggaran lebih. Sementara itu, untuk kamu yang ingin praktis dan berhemat, Kamu dapat melakukan sewa.

Selain, membeli atau menjahit pakaian gaun dan pakaian seragam keluarga untuk acara, Jasa vendor pernikahan biasanya memiliki paket pernikahan termasuk dengan harga sewa pakaian baik untuk pasangan saja, ataupun seluruh seragam dengan keluarga. Seragam keluarga inti, keluarga besar hingga teman-teman pengantin termasuk dalam pengeluaran besar namun seringkali dilupakan. Jika Anda ingin berhemat, menyepakati warna tema pakaian atau dress code pengantin dengan teman dan keluarga tentu membuatnya terlihat kompak. 

Lalu, untuk menemukan penata rias yang tepat itu mudah dan sulit. Jika ingin hasil riasan praktis, jelas dan lengkap, calon pengantin MUA atau make up artist biasanya memiliki kerjasama dengan persewaan pakaian atau dokumentasi. Ini akan membuat segalanya lebih ekonomis!

Pikirkan Jasa Fotografi

Sumber Foto: Unsplash

Penyedia foto pernikahan biasanya menawarkan paket video pernikahan, harga yang ditawarkan fotografer pernikahan bervariasi. Namun satu hal yang wajib dipastikan adalah untuk memilih fotografer dan videografer yang profesional serta kenal baik secara pribadi. Dengan ini, mereka dapat memberitahu Kamu dan pasangan hasil seperti apa yang disukai agar hasil yang didapatkan memuaskan.

Bagi pasangan yang sudah ingin melanjutkan hubungan ke jenjang yang lebih serius, mempersiapkan dana pernikahan adalah suatu keharusan. Besaran biaya yang disiapkan tentunya tergantung dari konsep acara pernikahan yang diinginkan. Oleh karena itu, penting untuk diingat apa saja yang harus diperhatikan ketika budgeting suatu acara pernikahan agar pengeluaran serta momen yang didapatkan layak untuk membuat memori tidak terlupakan.