5 Etika Mengirim Undangan Digital Pernikahan yang Perlu Kamu Tahu

Undangan Digital (1)

Undangan digital pernikahan jadi salah satu daftar ceklis yang penting dalam merencanakan pernikahan. Mengapa penting? Karena undangan jadi sebuah pengantar kepada para tamu untuk hadir nanti di acara pernikahan nanti.

Kini sudah banyak yang menggunakan undangan digital, tapi mungkin bagi beberapa orang undangan versi digital adalah hal yang baru, sehingga dibuat bingung pada saat mengirimkannya.

Jika bagi kamu dan pasangan undangan digital ini merupakan hal yang baru, jangan sampai undangan yang kamu buat di nilai kurang baik, karena ini akan berdampak juga pada acara yang akan di selenggarakan. Untuk itu invigital akan berbagi tips 5 etika dalam menyampaikan undangan digital.


1. Perhatikan Bahasa yang Digunakan

Pertama dan paling utama adalah bahasa. Bahasa menjadi sebuat alat untuk menyampaikan pesan, untuk itu, ketika membuat undangan digital pastikan bahasa yang digunakan formal dan sopan.

Dengan harapan para tamu undangan juga menerimanya dengan senang hati jika penggunaan bahasa yang sopan. Jika bisa, usahakan kamu yang merangkainya sendiri jangan menggunakan template yang sudah ada.


2. Pastikan Undangan Sampai Pada Tamu yang Tepat

Salah satu kelebihan undangan digital adalah proses pengirimannya yang cepat dan tak perlu biaya transportasi. Namun tetap saja kamu perlu menyusun daftar tamu siapa saja yang akan di undang. 

Sehingga undangan sampai pada tamu yang tepat. Jangan sampai undangan digital yang kamu kirim tidak sampai bukan pada tamu undangan.

Untuk itu agar undangan sampai pada tamu undangan dan demi mengantisipasi resiko di hack oleh pihak lain sehingga tidak dapat dikirim pada tamu yang dituju, kamu bisa meminta bantuan ke profesional pembuat undangan digital website seperti invigital.

3. Berikan Informasi yang Detail dan Lengkap

Etika lainnya ketika mengirim undangan digital adalah, memberikan informasi secara detail dan lengkap. Mulai dari waktu, tempat acara dilaksanakan, dan dress code bila kamu dan pasangan ingin melihat para tamu seragam.

Selain itu kamu dan pasangan bisa menambahkan keterangan lainnya, misalnya seperti jangan menggunakan sepatu hills, karena lokasi acara yang di selenggarkan beralaskan rumput.

4. Atur Waktu Pengiriman

Walaupun dimudahkan secara pengiriman, jangan sampai hal ini terabaikan. Seperti undangan fisik, alangkah baiknya pengiriman undangan digital jauh-jauh hari misalnya 1-2 bulan sebelum acara. Hal ini dilakukan agar para tamu yang di undang dapat menyesuaikan jadwalnya dengan acara kamu.

Dengan undangan digital, kamu bisa menggunakan media sosial seperti whatsapp atau instagram. Ditambah undangan digital yang kamu kirim punya rekam jejak, sehingga akan mudah untuk mengingatkannya kembali untuk mengkonfirmasi kehadirannya.

5. Kirim Undangan Secara Personal

Agar terkesan baik dan sopan, undangan digital ini perlu dikirimkan secara personal. Sehingga undangan ini dikirim pada tamu yang tepat. Dan tentunya mengantisipasi undangan digital (dalam bentuk website) di hack oleh pihak yang tidak senang.

Untuk itu invigital bisa membantu dalam membuat undangan digital sekaligus mengirimkan secara personal kepada tiap tamu undangannya. Invigital akan membuat setiap undangan digitalnya terpersonalisasi, sehingga setiap tamu undangan digitalnya punya undangan masing-masing.