Diskusi 5 Hal Finansial ini dulu yuk Sebelum Menikah

danilo-rios-HecuK6WIKn8-unsplash

Setiap orang punya dream wedding nya masing-masing. Namun di tengah proses menuju pernikahan, perasaan khawatir akan masa depan itu kerap kali muncul, sehingga ada rasa ragu untuk segera menikah.

Untuk menghalau rasa ragu itu, kamu bisa mempersiapkan dengan baik salah satunya ialah finansial. Selain kondisi kesehatan fisik, mental, finansial jadi peran penting dalam perencanaan pernikahan. Sehingga kamu bisa percaya diri dalam merencanakan pernikahan.

Langkah awal dalam mempersiapkan finansial yaitu bisa dengan berdiskusi dengan pasangan. Penting untuk sama sama membahas secara terbuka soal keuangan dan kemampuan finansial masing-masing dalam melaksanakan pernikahan.

Berikut 5 hal finansial yang perlu kamu diskusikan bersama pasangan sebelum menikah


Persiapan Biaya Resepsi

Persiapan biaya resepsi menjadi poin yang tak boleh dilewatkan. Meskipun banyak yang menginginkan resepsi pernikahan yang mewah, penting untuk menyadari bahwa pernikahan tidak harus mewah, sederhana juga bisa kok.

Untuk mempersiapkan kamu bisa mulai diskusi dengan pasangan dan keluarga mengenai resepsi pernikahan seperti apa yan diinginkan dan diimpikan. Setelah itu kamu bisa memulai membuat rincian anggaran biayanya.

Saling Memahami Kondisi Finansial Satu sama Lain

Memahami keadaan keuangan saat ini juga merupakan langkah penting dalam persiapan sebelum menikah. 

Diskusi ini mencakup aset, tabungan, investasi, dan utang yang dimiliki masing-masing pasangan. Disini diperlukan kejujuran dan keterbukaan mengenai kondisi keuangan agar terhindar dari masalah finansial yang tidak di inginkan.

Peran dan Tanggung Jawab Keuangan

Pembagian tanggung jawab dalam rumah tangga juga menjadi topik penting yang perlu didiskusikan. Keduanya perlu membicarakan peran masing-masing dalam mengelola keuangan keluarga, termasuk apakah rekening akan digabungkan atau dipertahankan terpisah.

Buat Perjanjian Pranikah

Diskusi selanjutnya ialah mengenai perjanjian pranikah. Perjanjian pranikah menjadi sebuah solusi untuk mengatisipasi hal-hal yang tidak di inginkan dalam hubungan rumah tangga. Perjanjian ini membahas konsekuensi finansial dalam pernikahan dan melindungi harta kekayaan masing-masing.


Evaluasi Tujuan Keuangan

Diskusi terakhir ialah evaluasi tujuan keuangan yang telah di sepakati bersama. Selain dengan pasangan, kamu juga bisa konsultasi dengan perencana keuangan, sehingga bisa membantumu merencanakan langkah-langkah yang tepat, baik mencari tambahan pendapatan atau memulai investasi yang sesuai.

Mempersiapkan pernikahan punya tantangannya sendiri sehingga sebelum melibatkan banyak diskusi dan pertimbangan salah satunya soal keuangan. Dengan berdiskusi bisa menjadi cara yang bijak untuk bersama-sama menghadapi masa depan secara lebih percaya diri dan terencana.