Hal-Hal Wajib Dipertimbangkan saat Memilih Venue Pernikahan

photo-1505944357431-27579db47558

Pernikahan adalah satu momen spesial dalam hidup, sehingga seluruh rangkaian acaranya ingin dipersiapkan dengan baik. Salah satu persiapan yaitu memilih lokasi pernikahan.  

Menemukan lokasi yang tepat untuk pernikahanmu adalah salah satu keputusan sulit. Itulah sebabnya diperlukan daftar mengenai hal-hal apa saja yang bisa menjadi faktor penting untuk dipertimbangkan ketika memilih sebuah tempat pernikahan. Dan kali ini invigital akan merangkumkannya.

Tema Pernikahan

Untuk memulai perencanaan, coba pikirkan apa yang kamu dan pasangan sukai? Apakah kamu dan pasangan menyukai tempat dengan suasana panas atau dingin? Atau pemandangan seperti apa yang disukai? Adakah tempat kesukaan kamu dan pasangan untuk mengenang memori terbaik? Dengan membuat daftar dan membicarakan hal-hal seperti ini akan menghilangkan semua opsi yang tidak perlu. 

Lalu pikirkan suasana yang ingin dibangun selama resepsi dan perayaan serta makanan kesukaan apa yang harus tersedia. Hal ini membantu untuk merencanakan konsep pernikahan, menggunakan konsep outdoor dengan tema rustic? bertema glamor yang mewah? Jika sudah mengetahui tema, calon pengantin dapat menemukan tempat yang cocok untuk pernikahan dan mulai mengunjunginya dengan pasangan atau berkonsultasi dengan wedding organizer.

Fleksibilitas yang Cocok dengan Tanggal Pernikahan

Dalam merencanakan sebuah pernikahan, memilih sebuah tanggal tidaklah mudah juga. Untuk itu disarankan untuk reservasi tempat pernikahan sebaiknya jauh-jauh hari, karena banyak dari calon pengantin memilih venue pernikahan sudah memesannya beberapa bulan, bahkan tahun sebelumnya! 

Kapasitas

Setiap calon pengantin tidak ingin membuat tamu yang diinginkan tidak dapat hadir, dengan mempertimbangkan ukuran atau sebesar apa venue pernikahan yang diinginkan sangatlah penting. Jumlah orang yang dapat ditampung oleh sebuah ruangan untuk akad, resepsi, atau keduanya akan berpengaruh besar pada jumlah orang yang diundang untuk berbagi hari istimewa.

Lokasi dan Akomodasi

Faktor lain yang perlu dipertimbangkan ketika memilih tempat adalah lokasi dan akomodasi yang disediakan. Untuk acara pernikahan dilaksanakan, sudah pasti harus memikirkan bagaimana keluarga dan teman serta tamu yang bepergian dari luar kota membutuhkan tempat tinggal untuk menghadiri acara, serta fasilitas toilet atau ketersediaan lahan parkir yang akan digunakan ketika acara sedang berlangsung. Kemudahan dan aksesibilitas penting bagi pengantin dan para tamu maka dari itu hal ini termasuk dalam poin yang patut dipertimbangkan.

Biaya

Setelah membuat daftar biaya pernikahan, hal yang perlu dilakukan selanjutnya adalah menganalisis biayanya. Jangan sampai biaya melebihi anggaran yang telah dibuat. Pastikan juga untuk mengetahui apa saja yang telah didapat dalam venue yang sedang dipilih; seperti listrik, dekorasi, menu makanan dan minuman. Pastikan bahwa biaya yang dikeluarkan sesuai atau worthy untuk dilakukan.

Tentukan Venue Segera, Lalu Sebar Undangan

Dengan sudah memesan venue pernikahan yang sesuai, calon pengantin dapat mengerjakan daftar checklist pernikahan lainnya. Tuliskan venue/lokasi pernikahanmu dengan lengkap dan jelas dalam undangan pernikahan.

Kamu bisa memilih undangan digital sebagai undangan pernikahanmu. Karena undangan sangat ramah lingkungan dan biaya, di tambah pengirimannya yang mudah. Dan invigital siap membantumu untuk membuat sekaligus menyebarkan undangan pernikahan yang spesial.