Catering 101: Panduan Merencanakan Menu Resepsi Pernikahan

photo-1616734755909-bb016ce64930

Pernikahan Anda adalah acara terbesar dan paling menakjubkan yang mungkin Anda selenggarakan. Makanan yang Anda sajikan di resepsi itu penting. Karena banyak orang yang melihat kesuksesan suatu acara dari makanannya. 

Makanan adalah hal yang sangat krusial dalam sebuah pernikahan, karena makanan adalah biaya terbesar yang dikeluarkan. Apabila tidak memilih jenis dan jumlah makanan dengan tepat, makanan yang tersisa akan menjadi kerugian yang besar.

Menentukan menu pernikahan yang sesuai dengan tema, tempat, dan resepsi Anda mungkin membingungkan pada awalnya, Maka dari itu, Anda dan pasangan harus mempertimbangkan mengenai menu apa saja yang akan disajikan di pesta resepsi pernikahan. Berikut poin-poin apa saja yang harus direncanakan dalam menu makanan di acara spesial Anda dan pasangan.

Pastikan Jumlah Tamu

Tentu saja, sebelum memesan makanan, Anda perlu menentukan dan memperkirakan berapa banyak tamu yang akan hadir dari total jumlah tamu undangan. 

Ingatlah bahwa perlu menghitung keluarga besar calon pengantin yang datang, tidak terkecuali pasangan atau mitra yang akan menemani tamu. Oleh karena itu, setidaknya setiap tamu harus dihitung sebagai dua. Anda tidak ingin makanan yang disajikan pada tamu ini kurang, bukan?

Pertimbangkan Lokasi Pernikahan

Dengan mempertimbangkan lokasi pernikahan sebenarnya penting, khususnya dalam menentukan gaya penyajian seperti apa untuk makanan di acara pernikahan Anda dan pasangan. 

Jika Anda memiliki cukup ruang untuk mengadakan resepsi bergaya pemula, jangan ragu untuk memilih gaya sit-down dinner bagi seluruh tamu. Tetapi jika ruangnya tidak cukup besar, pilihan ini tidak memungkinkan. Selalu periksa dengan staf venue terlebih dahulu untuk memperkirakan jumlah maksimum tamu untuk gaya penyajian resepsi yang berbeda demi memastikan kenyamanan sepasang calon pengantin dan tamu.


Pertimbangkan Cuaca dan Musim saat Pernikahan Berlangsung

Tidak ada salahnya menggunakan musim dan cuaca dari alam sebagai inspirasi dari menu makanan pernikahan Anda dan pasangan, Jenis makanan tertentu terasa lebih enak tergantung musim. 

Misalnya, sup kental yang kental tidak cocok untuk pernikahan di luar ruangan di musim panas dan lebih cocok disaat musim dingin. Dengan memastikan menu yang disediakan akan mencerminkan waktu dan tempat pernikahan. Terlebih lagi, Anda dan pasangan dapat merasa senang mengetahui bahwa acara Anda menawarkan makanan musiman paling lezat, lokal, dan segar kepada tamu yang hadir.


Sediakan Menu dengan Varian Banyak

Pertimbangkan untuk memilih makanan dengan berbagai jenis menu. Seperti sayur, daging dan makanan penutup akan menyenangkan tamu Anda. 

Keanekaragaman makanannya tentu membuat para tamu merasa tertarik, sehingga acara pernikahan Anda mampu menawarkan berbagai hidangan untuk membantu para tamu memilih hidangan yang paling sesuai dengan selera mereka. Tidak lupa dengan menyediakan berbagai makanan manis untuk anak-anak yang akan hadir di pernikahan Anda juga akan menyukainya.

Pilih Menu yang Umum Disukai Banyak Orang

Pilih menu yang umum dikenal orang, daripada menu yang tidak terlalu familiar dengan bahasa asing atau bahasa Indonesia. Selain itu, banyak orang lebih menyukai makanan yang praktis, maka dari itu Anda dan pasangan untuk menyediakan makanan yang tidak membuat tamu kesulitan saat makan. 

Hindari menu daging dengan tulang. Selain merepotkan, tulang pada makanan yang disediakan juga menyulitkan anak-anak. Anda dan pasangan tidak ingin terjadi insiden seorang anak tersedak lalu menjadi sakit karena sulitnya memakan makanan pada acara pernikahan, bukan?


Temukan Rekomendasi Jasa Katering atau Juru Masak

Berkat teknologi, Anda tidak perlu sering melakukan survey atau pencarian bertemu langsung dengan koki profesional untuk mendapatkan rekomendasi penyedia jasa makanan untuk makanan di acara istimewa. Dapatkan secara online, diskusikan hal ini dengan pasangan Anda lalu menyesuaikan dengan selera.

Untuk alasan yang jelas, ini adalah pertimbangan besar yang dekat dengan acara pernikahan. Pertama, ada kriteria dasar tertentu yang harus dipenuhi oleh katering terkemuka. Apakah mereka memiliki pengalaman dan pengetahuan untuk mencapai visi Anda untuk layanan makanan Anda? Apakah mereka fokus pada layanan dan memasak? Apakah jasa katering tersebut pernah melayani untuk pernikahan ukuran Anda? 

Beberapa perusahaan katering ideal untuk pertemuan yang lebih intim, tetapi tidak dapat memenuhi kebutuhan kelompok lebih dari 150 orang. Hal ini hanya mencakup beberapa opsi layanan paling inovatif. Poin lain yang perlu diingat: Lihat referensi dan ulasan. Mendapatkan umpan balik dari klien jasa perusahaan katering dapat membantu Anda dan pasangan menentukan apakah perusahaan Anda cocok untuk pernikahan Anda.

Jadilah Realistis dengan Budget yang Ada

Dengan menetapkan anggaran Anda-Anda perlu mendapatkan gambaran tentang anggaran makanan Anda sebelum pergi ke jasa katering atau juru masak. Tidak harus jumlah penuh, tetapi Anda harus siap untuk menguraikan biaya per tamu. Dengan mengingat angka itu, bekerjasamalah dengan katering Anda untuk membuat menu yang sesuai dengan anggaran Anda. Hal ini dapat menghemat anggaran Anda dan pasangan, namun tetap bekerja untuk menyediakan makanan secara kreatif, inovatif dan lezat untuk acara pernikahan Anda.

Di hari besar Anda maka sangat wajib untuk Anda dan semua orang yang terlibat menikmati menu impian Anda. Karena ini tidak hanya sebuah acara, namun meliputi rasa kekeluargaan dan dekat sehingga menawarkan hidangan yang tak terlupakan menjadi hal yang pasti. Bahkan terkadang bisa menjadi tindakan penyeimbang. Dengan perencanaan yang matang dan pendekatan yang cerdas, menu tersedia untuk acara Anda dan seluruh prosesnya bisa sangat menyenangkan.