10 Tips Anti Galau dalam Merencanakan Pernikahan

leonardo-miranda-riHGdvluDk8-unsplash

Setiap pasangan memimpikan pernikahan yang terbaik, karena pernikahan jadi salah satu momen penting dalam hidup, sekaligus tanda bagi pasangan baru mengawali babak baru bersama dalam kehidupan.

Demi mendapatkan kesan terbaik, banyak orang memilih untuk menggunakan wedding planer atau wedding organizer agar dapat menikmati hari istimewanya tanpa harus khawatir mengenai tugas-tugas dalam mengadakan sebuah pernikahan.

Namun, jika kamu dan pasangan memutuskan untuk mengurus semuanya sendiri, perlu diingat bahwa merencanakan sebuah pernikahan tidaklah mudah, sampai membuat kita stress dan galau sendiri karena saking banyaknya yang harus di urus dan dikerjakan. Untuk itu invigital mencoba menyusun 10 tips anti galau dalam merencana pernikahan.

Tentukan Anggaran dengan Jelas

Menciptakan pernikahan sesuai impian tentunya membutuhkan usaha beserta biayanya juga. Oleh karena itu, tips pertama adalah menentukan berapa besar anggaran yang dikeluarkan untuk pernikahan.

Untuk membuatnya, langkah pertama adalah mendiskusikannya bersama pasangan terlebih dahulu, kemudian setelah itu bisa dilanjut dengan pihak keluarga atau pihak terkait, setelah tersusun, kamu bisa menentukan sesuai prioritas. Dan dengan menentukan anggaran akan mempengaruhi sebagian besar keputusan, seperti pemilihan lokasi, jumlah tamu yang di undang, dan biaya penting lainnya.

Komunikasikan dengan Baik

Komunikasi juga menjadi kunci merencanakan pernikahan dengan sukses. Penting untuk di ingat, bahwa pernikahan melibatkan banyak orang, dan disini bagaimana kamu dan pasangan dapat memahami harapan mereka, dan berkomunikasi tentang setiap perubahan yang terjadi. Mengatur pertemuan mingguan akan membantu menghindari hal-hal yang tidak di inginkan.

Tetap Terorganisir

Merencanakan sebuah pernikahan akan banyak hal yang dikerjakan. Maka dari itu tantangannya, bagaimana membuat semuanya tetap dalam jalur dan berjalan. Untuk itu kamu dan pasangan perlu sering mengontrol, karena jika ada yang terlewat akan membuat kacau.

Sebagai tips, kumpulkan dokumen, kontrak, dan daftar kontak  baik dalam format digital maupun fisik, sehingga kamu dapat dengan mudah menemukan dan mengaksesnya saat diperlukan. Dan manfaatkan teknologi untuk membantu mengatur beberapa tugas.

Pilih Tim yang Tepat

Dan ini tips bagi kamu yang menggunakan bantuan pihak ketiga yaitu vendor pernikahan. Vendor pernikahan adalah orang-orang yang akan membantu mewujudkan pernikahanmu, oleh karena itu penting bagi mereka untuk memiliki pemahaman yang sama dengan terlebih dahulu. Pilihlah tim profesional dengan hati-hati dan jelaskan visi kamu dan pasangan kepada mereka. Teruslah berkomunikasi dengan mereka secara teratur untuk mendapatkan hasil terbaik.

Tetapkan Jadwal yang Realistis

Saat membuat jadwal pernikahan, pertimbangkan kemungkinan adanya penundaan dan buatlah jadwal yang realistis. Membuat cadangan waktu akan membantu mengatasi kemungkinan penundaan yang tak terduga. Pastikan untuk berbagi jadwal dengan pihak terkait, termasuk pihak vendor, venue, dll sehingga semua orang mengetahui apa yang diharapkan dari mereka pada waktu tertentu.

Siapkan Rencana Cadangan untuk Cuaca Buruk

Jika kamu dan pasangan punya konsep pernikahan outdoor, yang harus menjadi pertimbangan adalah cuaca. Sehingga perlu disiapkan rencana cadangan, dan pikirkan juga tentang efek cuaca di lokasi pernikahanmu, buatlah rencana yang membuat tamu tetap nyaman.

Jangan Malu untuk Meminta Bantuan

Tugas para wedding planner selain merencanakan pernikahan secara garis besar, mereka juga banyak melakukan tugas-tugas kecil, seperti melakukan panggilan, membalas pesan dari vendor.

Jika kamu dan pasangan melakukannya sendiri tanpa pihak ketiga di rasa kurang bijaksana. Maka dari itu kamu bisa mendelegasikan beberapa tugas kepada orang-orang yang dipercayai. 

Bagikan daftar tugas kepada mereka yang sudah di percayai dan berikan langkah-langkahnya. Karena meminta bantuan orang lain, akan membantumu untuk lebih fokus pada tugas yang besar dan penting.

Bersiaplah untuk Hal-Hal yang Tak Terduga

Pernikahan melibatkan banyak orang dan banyak hal dapat terjadi. Walaupun ini hal yang paling sulit untuk di kendalikan, sebagai solusinya kamu dan pasangan dapat mempersiapkan rencana lainnya jika ada masalah muncul. Meskipun masalah tak terduga muncul, kamu dan pasangan masih bisa menghadapinya dengan kreativitas dan fleksibilitas.

Jaga Kesehatan Kamu dan Pasangan

Merencanakan pernikahan melibatkan banyak pekerjaan. Agar dapat menyelesaikan tugas dengan baik, penting bagi setiap pasangan untuk menjaga kesehatan fisik dan mental. Pastikan kamu dan pasangan makan dengan baik dan istirahat yang cukup dan melakukan olahraga.

Jangan lupakan kesehatan mental juga. Ambil waktu untuk bersantai dari tugas perencanaan dan temukan cara untuk mengembalikan ketenangan dan fokus, seperti dengan meditasi.

Menikmati Prosesnya

Terkadang, seseorang bisa terjebak dalam perencanaan pernikahan, sehingga kegembiraan hilang dan tetap stres bahkan di malam hari. Ingatkan diri kamu tentang tujuan dan hasrat untuk menikahan. Pada dasarnya pernikahan adalah sebuah perayaan yang sangat bermankan, jadi cobalah untuk menikmati setiap tahapnya.

Ingatlah, kisah pernikahan yang paling berkesan bukanlah tentang kesempurnaan melainkan yang paling berharga yaitu saat ada sesuatu yang tidak berjalan lancar, tetapi kamu dan pasangan dapat menemukan jalan keluar bersama dan menjadikan pernikahan itu sukses.