Tips Pernikahan: 7 Cara Membuat Pernikahan yang Unik dan Tak Terlupakan

anthony-tran-BG-H_CiJmqQ-unsplash-min

Semakin tahun, banyak tren pernikahan yang baru dan berkembang, baik yang tren klasik, maupun tradisional. Kini semua tren-tren itu bisa kamu cari dengan mudah di media sosial seperti pinterest atau instagram sebagai wadah inspirasi untuk pernikahanmu.

Faktanya setiap pasangan yang akan menikah punya impian pernikahannya masing-masing, dan tentunya ingin berkesan juga. Karena ini, akan menjadi momen terbaik dalam hidup, tentunya kita ingin membuat pernikahan kita jadi tak terlupakan sekaligus unik.

Dan kali ini invigital akan memberikan tips bagaimana membuat pernikahanmu jadi unik dan tak terlupakan. Yuk baca lebih lanjut.

Posisi Tempat Duduk Tamu yang Unik 

Pertama, yang bisa kamu dan pasangan lakukan adalah menata tempat duduk bagi tamu undangan. Kamu dan pasangan bisa memberikan kesan immersive, ketika memasuki lokasi pernikahan. Pola tempat duduk yang unik akan berkesan bagi para tamu undangan. Biasanya, kursi disusun dalam barisan di belakang satu sama lain.

Untuk menatanya, kamu dapat menempatkan kursi dengan desain setengah lingkaran di kedua sisi lorong. Ini memberikan tamu sudut pandang yang lebih baik daripada harus melihat orang yang duduk di depan mereka. Jika kamu ingin mengadakan resepsi yang lebih intim, pertimbangkan untuk menempatkan para tamu dalam formasi lingkaran di sekitar acara.

Dan sebagai tambahan gunakan dekorasi minimalis dengan menempatkan bunga-bunga mewah yang ditempatkan di ujung barisan atau beri pita berwarna pada setiap kursinya.

Pintu Masuk Pengantin yang Unik

Sejak kamu dan pasangan bertunangan, mungkin telah membayangkan momen ketika para tamu melihat kamu dan pasangan berjalan di ujung lorong untuk pertama kalinya dengan wajah yang penuh kagum. 

Untuk itu, agar menjadi tak terlupakan dan berkesan di mata para tamu undangan, berkreasialah dengan menggunakan dekorasi yang unik. Dan tak lupa juga untuk maksimalkan penampilan sehingga momen terbaik ini dapat di ingat semua orang yang hadir di hari itu.

Untuk membuatnya unik, kamu bisa merencanakan untuk punya penempatan dimana pintu masuk pengantin. Apakah akan berjalan bersama, atau berjalan masing-masing sehingga harus membuat dua pintu. Maka dari itu, kamu dan pasangan bisa mendiskusikan terlebih dahulu. Dan ini sangat di rekomendasikan bagi yang menggelar resepsi pernikahan di luar ruangan.

Musik Pengiring dalam Format Band

Mungkin, ide ini memerlukan biaya besar, karena kamu akan mengundang sebuah band profesional, apalagi band tersebut adalah band favorit kamu. Sebagai alternatif, kamu bisa mengundang band teman kamu.

Sehingga akan menjadi moment yang tak terlupakan dan jadi perayaan yang unik dalam pernikahanmu, karena kamu bisa mengajak nyanyi bersama dengan para tamu undangan yang hadir.

Seorang MC yang Bersemangat

Memilih seorang mc (master of ceremony), jadi daftar checklist juga yang perlu di perhatikan. Karena, dengan adanya mc yang bersemangat akan memberikan energi positif pada momen berbahagia kamu dan pasangan!

Menyaksikan seorang MC yang tidak hanya membaca skrip sepanjang resepsi. Namun bila mc dapat memandu acara dengan seru, dapat mencairkan suasana, tidak hanya akan menarik perhatian teman dan keluarga, tetapi juga akan membuat mereka sepenuhnya hadir di saat itu, tanpa menghitung menit hingga acara berikutnya.

Saat memilih MC pernikahan, selalu pastikan untuk membaca ulasan mereka dan berbicara dengan mereka melalui telepon terlebih dahulu untuk memastikan mereka memahami visi untuk resepsi pernikahanmu.  

Mengucapkan Janji yang Sakral dan Intim

Cara lain untuk membuat pernikahan menjadi unik dan tak terlupakan adalah dengan menyertakan acara untuk mengucapkan janji suci antar pasangan. Sehingga orang lain akan turut merasakan kebahagiaan kamu dan pasangan.  

Melibatkan tamu dalam acara mengucapkan janji suci juga dapat menjadi ide yang bagus. Misalnya dengan menyalakan kembang api yang di pegang oleh tamu, atau memegang lilin, sehingga suasananya akan terasa hangat dan intim.

Transportasi untuk Tamu

Jika resepsi kamu berlokasi tidak jauh dari tempat akad atau di lokasi yang berbeda.  Menyediakan transportasi bagi tamu selalu menjadi nilai tambah. Para tamu yang lebih tua akan menghargai tawaran transportasi dari lokasi mereka parkir ke tempat di gelarnya pernikahan.

Ini juga akan menghindari ada tamu yang kesulitan menemukan tempat. Menyewa golf cart atau bus sekolah bisa menjadi pilihan unik untuk memberikan kesan positif kepada tamu hadir di pernikahanmu.

Pemilihan Makanan

Sementara ada banyak aspek pernikahan yang menyenangkan dan menghibur. Namun faktanya tamu pernikahan kamu akan senang mendapatkan makanan yang lezat. Dan ini tidak berart kamu harus menyajikan hidangan mewah dengan bintang lima.

Beberapa makanan pernikahan favorit yang tak terlupakan adalah yang disajikan dengan gaya festival. Jika kamu mengadakan pernikahan di luar ruangan, foodtruck bisa menjadi pilihan yang bagus untuk menyajikan sandwich atau burger. Sehingga dapat memberikan pengalaman yang berbeda bagi para tamu undangan.