10 Kesalahan Umum yang Dilakukan Pasangan dalam Mendokumentasikan Foto Pernikahan

bride-g36149dbc9_1280

Tentunya, kamu dan pasangan ingin mengabadikan momen bahagia ini dengan baik. Ya, memang salah satu momen terbaik dalam hidup ini perlu di abadikan sebaik mungkin, untuk itu mendokumentasikan melalui foto adalah salah satu cara menjadikan momen ini nampak abadi.

Karena foto pernikahan akan menjadi kenangan yang kamu dan pasangan lihat kembali untuk beberapa tahun ke depan, mungkin ingin memastikan hasil serta cetakan tersebut sebaik mungkin. Meskipun ada fotografer yang mengabadikannya dengan baik, namun ada beberapa perilaku pasangan yang bisa mengganggu proses tersebut sehingga hasilnya kurang maksimal.

Untuk itu, agar memastikan mendapatkan hasil foto terbaik, berikut adalah 10 kesalahan umum yang di lakukan oleh pasangan dalam mendokumentasikan foto pernikahan seperti yang dikutip dari laman brides.com.


1. Melakukan Riset yang Minimal

Media sosial memang bisa menjadi alat yang baik untuk mencari fotografer pernikahan, namun kamu jangan hanya mengandalkan media sosial. Kamu dan pasangan bisa pastikan untuk mencarinya diluar media sosial, misalnya di situs-situs freelancer, atau di website vendor dan jika ada di website fotografer itu sendiri. Setelah menemukan portofolio mereka, pastikan untuk membaca ulasan dari klien sebelumnya, agar bisa mengetahui gaya dan kreativitas fotografer tersebut.

2. Mengabaikan Portofolio Mereka

Jangan abaikan portofolio fotografer yang kamu dan pasangan pilih. Minta galeri lengkap pernikahan yang mirip dengan tema pernikahanmu, Jika memungkinan minta juga foto yang diambil di tempat yang sama, tema yang sama, sehingga akan membuat kamu terbayang pada hasil fotonya.


3. Lupa Mengekspresikan Visi Kamu dan Pasangan

Jangan lupa mengomunikasikan visi kamu dan pasangan pada pilihan fotografer pernikahanmu. Meskipun fotografer yang dipilih itu profesional dan dapat dipercaya, tetap jika kamu dan pasangan punya visi sampaikanlah sehingga terjadi ruang diskusi dan hasilnya pun sesuai serta maksimal.


4. Melewatkan Sesi Foto Prewedding

Sesi foto prewedding adalah kesempatan baik untuk menambah referensi gaya, pose, angle foto menjadi lebih banyak lagi sehingga fotografer dan kamu sudah memiliki gambaran tentang apa yang berhasil pada hari pemotretan. Namun jika melewatkan sesi prewedding akan membuat kamu dan pasangan terlihat kaku dan mati gaya.

5. Melewatkan Rapat dengan Fotografer

pastikan untuk mengadakan rapat dengan fotografer beberapa kali sebelum hari pernikahan untuk membahas detail foto yang kamu dan pasangan inginkan, seperti foto yang harus diambil, pose favorit, dan momen-momen spesial yang ingin di dokumentasikan.

6. Terlalu Banyak Permintaaan

Jangan terlalu banyak mengungkapkan keinginan yang berlebih pada fotografer pernikahamu. Karena jika terlalu banyak permintaan akan dapat mengganggu proses kreatif fotografer. Sebagai pasangan, percayalah bahwa fotografer profesional akan mengabadikan momen-momen terpenting dalam pernikahanmu sebaik mungkin.

7. Mencoba Mengontrol Proses Foto

Hindari mencoba mengontrol proses foto pada hari pernikahanmu. Sebagai pasangan, fokuslah untuk menikmati acara dan momen-momen terindah dalam pernikahan, dan biarkan fotografer mengatur pemotretan dengan cara yang kreatif dan natural yang ia miliki.

8. Jangan Lupa untuk Foto Berdua Setelah dan Sebelum Acara Resmi

Jangan lupa untuk menyisihkan waktu untuk foto berdua setelah acara resmi keluarga dan sebelum resepsi dimulai. Hal ini akan memberikan kesempatan bagi kamu dan pasangan untuk mengambil foto-foto terbaik di hari pernikahan kamu dan pasangan.

9. Langsung Minta Fotonya

Jangan langsung meminta foto setelah hari pernikahan berakhir. Proses pengeditan dan penyusunan album pernikahan memerlukan waktu yang cukup lama. Oleh karena itu, bersabarlah dan tunggu hasil akhirnya demi mendapatkan foto yang terbaik.

10 Jangan Lupakan Proses Percetakan


Walaupun kini sudah tersedia versi digital, namun agar selalu terkenang pastikan untuk tidak melupakan proses percetakan foto pernikahanmu. Selain menyimpan foto dalam format digital, mencetak foto kamu dan pasangan dalam album yang indah juga merupakan cara yang baik untuk mengenang momen-momen terindah dalam pernikahan.