Pilihan Tanggal di Bulan Baik untuk Melangsungkan Pernikahan Menurut Islam

pexels-hussein-altameemi-5754123

Pernikahan jadi salah satu momen spesial dalam hidup, karena spesial jadi harus di rencanakan dengan baik, salah satunya dengan menentukan tanggal yang pas. Umumnya pernikahan di gelar di akhir pekan agar para tamu yang di undang oleh calon pengantin dapat menghadiri pernikahannya, namun banyak juga yang menyelenggarakannya di hari biasa.

Untuk menentukan kapan pernikahan di gelar, ternyata punya tantangan sendiri. Biasanya keluargapun ikut menentukan sehingga akan banyak pertimbangan ketika menentukan tanggal.

Bulan yang Dianjurkan untuk Menikah di Tahun 2023 Menurut Islam

Namun tak perlu khawatir ketika menentukan tanggal pernikahan, khususnya bagi pasangan beragama islam bisa merencanakan di bulan-bulan yang di anjurkan. Ada 5 bulan yang baik di anjurkan oleh Islam yaitu pertama bulan Syawal, kedua bulan Dzulqa’dah, ketiga bulan Muharram, keempat bulan Safar, kelima bulan Rabiul awal. Dan kali ini Invigital akan memberikan rekomendasi tanggal yang bagus di bulan yang baik menurut islam.

Tanggal 5 Mei 2023

Dalam kalender Hijriah 5 Mei 2023 sama dengan tanggal 14 Syawal 1444 H. Bulan syawal merupakan bulan kesepuluh dalam kalender hijriah, dan di tanggal 1 Syawal umat muslim merayakan hari raya idul fitri, setelah satu bulan sebelumnya menjalani ibadah puasa di bulan ramadhan sehingga bulan syawal menjadi bulan untuk meningkatan amalan di bulan ramadhan yang terus berkelanjutan.

Karena di gelar setelah merayakan hari raya idul fitri, tanggal ini menjadi rekomendasi kamu dan pasangan untuk melaksanakan pernikahan. Selain tanggal dan bulannya sama (5-5-23) tanggal ini jatuh di hari Jumat, sehingga akan menjadi berkah.

28 Mei 2023

28 Mei 2023 dalam kalender Hijriah jatuh pada tanggal 7 bulan Dzulqa’dah. Bulan Dzulqa’dah termasuk salah satu bulan yang mulia menurut Rasullah SAW ditambah bulan ini disebut sebagai bulan ketenangan karena berlangsung antara dua hari raya idul fitri dan idul adha.

Selain jatuh di bulan mulia, secara tanggal ini bisa di nilai cantik, karena di asosiasikan dengan operasi perhitungan matematika yaitu 28-5= 23 yang dimana hasil pengurangannya adalah tahun sekarang.

16 Juli 2023

Tanggal satu ini termasuk di bulan Muharram, tepatnya pada tanggal 27 Muharram 1444 H. Bulan ini juga di anjurkan karena Rasullah SAW melangsungkan pernikahannya dengan Ummu Habibah Ramhla binti Abu Sufyan. Selain itu secara tanggal di nilai bagus. Karena masih sama tanggal sebelumnya di asosiasikan dengan perhitungan matematika. Hanya jika yang ini dalam operasi perhitungan pertambahan (16 + 7= 23) dan tanggal 16 Juli ini jatuh akan jatuh pada hari minggu.


Tanggal 9 September 2023

9 September 2023 dalam kalender hijriah jatuh pada tanggal 23 bulan Safar 1444 H. Jika bulan sebelumnya (Muharram) Rasullah SAW menikah, di bulan ini beliau menikahkan putrinya Fathimah yang merupakan putri Rasulah SAW dengan istrinya Khadijah.

Selain sama dengan fathimah putri Rasullah SAW, tanggal ini jatuh di hari Sabtu sehingga memudahkan para tamu undangan untuk hadir, di tambah tanggal ini unik karena memiliki tanggal dan bulan yang kembar (9-9-23).

Tanggal 14 Oktober 2023

Terakhir ada tanggal 14 oktober 2023, dan dalam bulan hijriah tanggal 14 oktober 2023 berada di bulan Rabiul awal, dimana bulan tersebut merupakan kelahiran nabi muhammad rasullah SAW, sekaligus di bulan ini beliau menikah dengan Khadijah Binti Khuwailid.

Tanggal 14 Oktober menjadi rekomendasi, karena  sebagai penutup hari menjelang menyambutnya bulan rabiul akhir. Dan 14 Oktober jatuh di akhir pekan tepatnya hari sabtu, sehingga pernikahan di gelar di hari libur kerja.