Berikut adalah Tips Mempersiapkan Pernikahan Menurut Ajaran Islam

rsz_young-muslim-bride-groom-wedding-photos

Menjelang hari pernikahan akan muncul godaan yang bisa membuat hati goyah. Jika kamu merasa tiba-tiba ada godaan yang hadir misalnya seperti, meragukan diri sendiri, hadirnya seseorang dari masa lalu, atau merasa tidak cocok dengan kekurangan pasangan, dan itu semua hadir untuk menguji kita agar senantiasa dapat memantapkan hati.

Dalam pandangan islam, godaan yang datang menjelang hari pernikahan merupakan suatu hal yang perlu dihadapi setiap calon pengantin. Godaan menjelang pernikahan diberikan untuk menguji kesabaran calon pasangan agar senantiasa diberikan kekuatan dalam membangun rumah tangganya kelak. Jika ada godaan dan cobaan datang kepadamu, cobalah tips berikut ini yang di anjurkan oleh agama Islam.


Niatkan dalam Hati Pernikahan ini atas Nama Allah SWT 

Pernikahan bukan suatu hal yang bisa dipermainkan, butuh keseriusan,komitmen dalam diri. Karena itu sebelum merencanakan pernikahan, kamu perlu meniatkan diri dengan menyebut nama Allah SWT. Dengan niat hati yang baik, Allah.SWT juga akan membantumu dalam menghadapi cobaan-cobaan yang ada.


Melakukan Amalan Sunnah dalam Islam

Selain butuh komitmen dan keseriusan, dalam menghadapi pernikahan juga dibutuhkan ketenangan. Jika hatimu tenang makan setiap prosesi bisa benar-benar diresapi oleh ketenangan batin. Maka dari itu sebelum ijab kabul, kamu bisa melakukan amalan sunnah seperti melakukan sholat hajat, senantiasa beristighfar, melakukan sedekah dan puasa sunnah serta mempelajari ilmu agama. Dengan melakukan amalan tersebut mudah-mudahan kamu diberikan ketenangan batin dalam menghadapi pernikahan.


Bisa Menerima Kekurangan dan Kelebihan Masing-Masing

Godaan seperti belum bisa menerima kekurangan pasangan bisa jadi salah satu yang menghambat dalam melakukan pernikahan. Maka dari itu sebelum melakukan pernikahan, kamu harus bisa menerima kekurangan pasangan kita. Dan dibalik kekurangan ada kelebihan juga yang bisa kamu terima dengan ikhlas. 


Menjalin Komunikasi yang Baik

Menjelang pernikahan akan banyak perbedaan, jika tak diatasi bisa-bisa akan berujung pada perdebatan yang tak kunjung usai. Maka dari itu mulailah menjalin komunikasi baik dengan pasangan, orang tua pasangan, dan keluarga pasangan. Kamu bisa memulainya dengan membicarakan rencana pernikahan kamu dengan orang-orang tersebut, sehingga acaranya bisa berjalan dengan lancar tanpa ada yang dirugikan.


Persiapkan Pernikahan dengan Sebaik Mungkin

Tentunya kamu ingin acara pernikahanmu menjadi hari yang terbaik, dan berjalan lancar sesuai dengan apa yang di inginkan. Maka dari itu persiapkan pernikahan ini dengan baik, kamu bisa membuat daftar ceklis apa saja yang dibutuhkan seperti tempat, tanggal dan waktu, mahar pernikahan, tema dan dekorasi, serta undangan dan souvenir, setelah itu pastikan juga apakah kamu akan menggunakan jasa wedding organizer atau tidak.