Tips Pernikahan: 7 Hal yang Harus Kamu Persiapkan Setelah Tunangan

andre-jackson-IXLS59CTgDE-unsplash (1)

Tunangan jadi momen yang spesial sebelum melangkah ke pelaminan pernikahan. Dan tunangan juga jadi momen membahagiakan. Namun setelah menjalanakan proses tunangan, kita menghadapi tantangan lainya untuk mempersiapkan pernikahan.

Sebagai pasangan yang baru saja bertunangan, penting untuk tetap sesuai visi dan misi sepanjang perjalanan menuju pernikahan yang di impikan. Jika bingung harus mulai dari mana, berikut adalah 7 hal yang harus dilakukan mempersiapkan pernikahan setelah tunangan yang di kutip dari halaman wedsites.

1. Tentukan Tanggal Pernikahan

Pertama, yang bisa kamu lakukan ialah, menentukan tanggal pernikahan. Ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan antara lain: seperti pemilihan hari, atau bagi agama tertentu menyakini bulan tertentu. Selanjutnya apakah ingin pernikahan yang santai atau ingin menikah secepatnya. Pastikan juga untuk menyesuaikan dengan tabungan keuangan saat ini.


2. Diskusikan Anggaran Pernikahan

Tanggal sudah ketemu, selanjutnya diskusikan dan tetapkan anggaran pernikahan. Meskipun bukan tugas yang menyenangkan, tetapi anggaran pernikahan adalah hal yang sangat penting. Jadi pastikan untuk membuat anggaran yang realistis agar pernikahanmu menjadi momen terbaik dalam hidup, tanpa menimbulkan beban finansial yang berlebihan.


3. Buat Daftar Tamu Kasar Undangan

Memang, menyusun daftar tamu bisa jadi momen yang menegangkan karena harus mempertimbangkan berbagai faktor, seperti politik keluarga, anggaran, dan lain-lainya. Tetapi ingatlah bahwa ini adalah harimu dan pasangan, jadi jangan merasa bersalah untuk memangkas daftar tamu. Mungkin bisa mempertimbangkan aturan memilah tamu atau membuat daftar A (untuk tamu prioritas) dan B (untuk tamu tidak prioritas) untuk memudahkan.

4. Memikirkan Kembali Visi Pernikahan

Selanjutnya untuk memikirkan kembali visi pernikahan kamu dan pasangan. Inilah saatnya untuk membayangkan hari pernikahan impian. Di tambah untuk menentukan tema atau konsep pernikahan, dan bisa disesuaikan dengan visi kamu. Jadikan prioritas utama sehingga perayaan perkikahanmu menjadi menjadi lebih unik dan autentik.


5. Jangan Lupa Riset dan Survey Tempat Pernikahan

Setelah sudah pasti akan memutuskan untuk menikah dan menggelar resepsi, Pastikan kamu sudah riset dan survey sebelum memesan tempat. Dan jangan lupa untu menyesuaikan dengan anggaran, jumlah tamu, dan visi untuk menemukan tempat yang terbaik menurut kamu dan pasangan.

6. Buat Perencanaan lewat Aplikasi Digital

Setelah mengambil keputusan besar, mungkin terasa kewalahan dengan tugas-tugas lainnya. Untuk itu kamu bisa membuat alamat email khusus atau gunakan aplikasi perencana pernikahan digital untuk membuat perencanaan dan daftar ceklis pernikahan sehingga bisa tetap teratur dengan baik.

7. Pertimbangkan Menggunakanan Jasa Perencana Pernikahan

Pertimbangkan untuk mempekerjakan perencana pernikahan. Jika waktu dan anggaran kamu cukup terbatas, pertimbangkan untuk menggunakan perencana pernikahan profesional. Namun jika kamu merasa kewalahan dan cukup waktu serta ada anggarannya sebaiknya kamu dapat meminta bantuannya, sehingga pernikahanmu dapat berjalan dengan lancar.  


Bersantailah dan Nikmati Semuanya!

Terakhir, jangan lupa untuk bersantai dan menikmati masa pertunangan. Luangkan waktu untuk kencan sambil berdiskusi santai soal pernikahan, atau perayaan dengan keluarga dan teman-teman. Ingatlah bahwa masih banyak waktu untuk menikmati sebelum hari pernikahan, jadi jangan lupa menikmati masa pertunangan dengan baik.