Menggelar Resepsi Pernikahan dengan Sederhana? Simak tips berikut ini

leonardo-miranda-riHGdvluDk8-unsplash

Setiap orang punya arti masing-masing dalam memandang sebuah pernikahan. Tapi yang pasti, pernikahan jadi suatu peristiwa yang sakral dan bermakna bagi setiap orang yang melaksanakannya. Agar momen pernikahan menjadi bermakna dan tak terlupakan, maka di gelarlah resepsi pernikahan.

Dalam menggelar resepsi pernikahan tak harus mewah kok, sederhana juga tak apa yang penting jadikan resepsi pernikahanmu jadi suatu peristiwa bermakna buat kamu dan pasangan.

Dalam menggelar resepsi pernikahan sederhana hal yang pertama  yang harus kamu ingat yaitu sesuaikan dengan biaya yang kamu miliki . Dan jika ada lebihnya itu bisa kamu gunakan  untuk kebutuhan rumah tangga.  Terus gimana caranya agar bisa menggelar resepsi pernikahan sederhana namun tetap bermakna? Simak artikel berikut ini ya.

Rencanakan dan Tentukan Prioritas

Sumber Foto: Unplash

Menggelar resepsi pernikahan punya tantangan tersendiri, maka dari itu peran wedding planner, wedding organizer itu di perlukan dalam merencanakan agar resepsi pernikahan kamu sukses. Tapi, jika ingin sederhana saja kamu dan pasangan bisa merencanakannya dengan baik.

Pertama kamu dan pasangan bisa coba dengan menyusun kebutuhan seperti lokasi pernikahan (gedung,taman,dll),makanan/catering, dokumentasi, dekorasi, baju dan gaun pernikahan, hiburan musik, make up dan souvenir untuk tamu undangan bersama-sama. 

Setelah itu coba menyusunya sesuai prioritas, kira-kira mana saja yang penting dan dibutuhkan dalam resepsi pernikahanmu. Kemudian kamu bisa mulai menyusun rincian anggaran biayanya dan ingat kembali, sesuaikan dengan dana yang kamu punya ya. 

Serta tak lupa juga untuk memprioritaskan jumlah tamu undangan, sebagai alternatif kamu bisa juga menggelar format resepsi pernikahan intimate. Jadi hanya orang-orang terdekat yang akan menghadiri resepsi pernikahanmu dengan jumlah yang terbatas.

Meminta Bantuan Orang Terdekat

Sumber Foto: Unsplash

Jika ingin sederhana namun tetap berkesan di resepsi pernikahanmu, coba kamu bisa menghubungi saudara-saudara dan teman-teman terdekatmu yang bisa kamu percaya untuk membantu menggelar resepsi pernikahan. 

Namun sebelum meminta bantuannya, pastikan kamu untuk mengkomunikasikan jauh sebelum acara dimulai, misalnya tiga bulan sebelumnya. Hal ini dilakukan dengan tujuan yaitu menjalin silaturahmi sekaligus mempersiapkan dengan baik tanpa ada kesan mendadak.

Setelah menyampaikan maksud tujuan kamu untuk meminta bantuan, jangan lupa untuk tetap menjalin komunikasi hingga acara resepsi pernikahan digelar. 

Bahkan lebih baik jika kamu bisa memberi apresiasi seperti menggelar pertemuan makan-makan setelah acara berlangsung, sehingga akan tetap meninggalkan kesan yang baik dari keluargamu maupun temanmu.

Menggunakan Undangan Digital

Sumber Foto: Pinterest

Dan tak kalah penting dalam menggelar resepsi pernikahan yang sederhana yaitu mengganti undangan cetak ke versi digital. Karena banyak manfaat jika kamu memutuskan untuk menggunakan undangan versi digital. 

Salah satunya yaitu, kamu tidak perlu mencetaknya dan membagikannya melalui jasa kurir pengiriman. Selain itu kamu bisa langsung mengirimkannya melalui media sosial, sehingga bisa memangkas biaya dalam menggelar resepsi pernikahan.