Tips Perencanaan Pernikahan: Merencanakan Pernikahan lewat Digital yang Efektif dan Efisien

elodie-pavard-2u7q9OWXz-c-unsplash-min

Merencanakan pernikahan punya tantangan tersendiri, karena akan banyak hal di kerjakan secara bersamaan. Untuk itu perlu menyusun sesuai prioritasnya masing-masing, sehingga akan terselesaikan satu per satu. Agar tetap berjalan sesuai rencana, perlu di atur, di reviu secara berkala.

Bagi sebagian orang, masih nyaman dengan menulisnya di buku catatan, atau sobekan kertas. Namun sayangnya cara tersebut tidak aman, resiko kerusakan dan data hilang akan sangat memungkikan.

Maka dari itu, solusi agar dapat tetap teratur adalah beralih merencanakan pernikahan tersebut secara digital. Sehingga kamu tak akan khawatir kehilangan data,ide, dan catatan lainnya selama proses perencanaan pernikahanmu.

Dan kali ini invigital akan memberikan 5 tips merencanakan pernikahan secara digital. Sehingga menjadi pertimbangan untuk perencanaan pernikahan yang lebih efisien.

Kelola Daftar Tugas dalam Satu Tempat

Dalam membuat daftar ceklis pernikahan agar tetap sesuai rencana, langkah pertama yaitu menyederhanakan setiap prosesnya sehingga akan menghemat waktu dan tenagamu. Dan jika kamu mengelolanya secara digital akan membuat prosesnya lebih singkat daripada mencoba mencari-cari potongan kertas dan catatan yang berserakan yang tak tahu dimana.

Maka dari itu merencakan pernikahan secara digital, dapat menyimpan semua tugas di dalam satu folder, sehingga kita dapat mengetahui saat dibutuhkan. Jadi bisa tetap maju dengan sesuai rencana.

Aplikasi yang dapat digunakan: Google Drive, Google Sheet, Google Docs

Bisa di Akses dengan Mudah Kapanpun dan Dimanapun

Saat merencanakan pernikahan, pastinya kamu dan pasangan akan sering berkeliling, entah bertemu bersama vendor, survei tempat pernikahan, atau mencoba pakaian pengantin.

Maka dari itu dengan merencanakan via digital akan memudahkan kamu saat berada di manapun, karena bisa langsung di akses via smartphone atau tablet. Sehingga tak perlu khawatir jika kelupaan membawa buku catatan kesetiap pertemuan itu untuk menambahkan ide atau catatan baru.

Aplikasi yang dapat di gunakan: Google Keep

Atur Pengingat untuk Tetap Terorganisir

Dalam setiap rencana, pasti saja hal-hal yang tidak terduga, entah perubahan jadwal bertemu vendor, atau bahkan perubahan jadwal tanggal resepsi kamu. Untuk itu kita perlu beradaptasi dengan perubahan-perubahan tersebut.

Walaupun akan ada perubahan, kamu dan pasangan tetap bisa berjalan sesuai rencana awal, kerjakan satu persatu tugasnya dan gunakan pengingat digital untuk membantu tetap terorganisir. Sehingga tak akan ada yang terlewatkan.

Aplikasi yang dapat di gunakan: Google Calendar

Prioritaskan Tugas dan Kurangi Rasa Kewalahan

Apakah merasa bingung dengan banyaknya tugas yang harus diselesaikan? Namun dengan merencanakan pernikahan secara digital akan membantu untuk melihat gambaran besar dan memecahnya menjadi tugas-tugas kecil sehingga dapat fokus pada yang paling penting terlebih dahulu. Dengan menetapkan tenggat waktu untuk setiap tugas yang akan datang, akan dengan mudah melihat apa yang harus dilakukan selanjutnya.

Aplikasi yang dapat di gunakan: Trello, Asana

Kolaborasi dengan Perencana Pernikahan

Jika kamu menyewa jasa wedding planner profesional, dengan menggunakan aplikasi  digital untuk merencanakan pernikahan akan memudahkan kamu berkerja sama dengan wedding planner.  

Kamu bisa memulainya dengan membuat grup, sehingga memudahkan proses diskusi dengan wedding planner. Dan keinginan kamu serta visi misi juga akan tersampaikan juga  tantangan dan kesulitannya pun bisa di atasi bersama-sama.

Pernikahan adalah momen bahagia seumur hidup, jadi pastikan kamu menikmati setiap langkahnya! Menemukan sistem yang tepat adalah kunci untuk mengurangi stres dalam merencanakan pernikahan. Dan menciptakan pernikahan yang sesuai mimpi kamu dan pasangan.