Tips Mempersiapkan Pernikahan dengan Waktu Singkat

renata-adrienn-ebvCsRypmxM-unsplash

Mempersiapkan pernikahan memang harus dipersiapkan jauh-jauh hari bahkan setahun sebelumnya. Namun terkadang rutinitas dan pekerjaan yang padat membuat kita tak sempat mempersiapkan pernikahan, sehingga tak terasa waktunya singkat menjelang hari pernikahan.

Jika kamu merasa belum sempat mempersiapkannya, coba maksimalkan waktu yang kamu punya minimal enam bulan menjelang hari pernikahan. Dan berikut tips mempersiapkan pesta pernikahan dalam waktu yang singkat.

Gabung Acara lamaran dan Perkenalan Keluarga Besar

Biasanya sebelum menuju pernikahan, di Indonesia akan selalu di adakan acara lamaran. Acara lamaran ini bertujuan untuk mengikatkan tali kasih kedua pasangan, sehingga bisa melangkah ke jenjang yang serius. Dan biasanya sebelum menuju lamaran, ada acara perkenalan keluarga besar. Acara ini bertujuan untuk mengikat tali persaudaraan antar keluarga besar. Untuk mempersingkat waktu, kamu bisa menggabungkan kedua acara tersebut.

Prioritaskan Mengurus Berkas-Berkas

Jika hati sudah mantap untuk menikah, mengurus berkas-berkas dan menyelesaikan administrasi pernikahan resmi harus menjadi prioritas utama diantara kebutuhan lainnya. Kamu harus menyelesaikan persyaratan ini baik secara negara maupun agama . Hal ini dilakukan agar pernikahan sah di mata negara dan agama serta tercatat sebagai pernikahan yang sah.

Pilih Tanggal yang Tak Terlalu Jauh dari Tanggal Lamaran

Jika kamu dan pasangan menggelar acara lamaran, ada baiknya untuk memilih tanggal pernikahan tidak terlalu kejauhan dan tidak terlalu dekat juga. Sebagai gambaran, kamu bisa memilih tanggal pernikahan 4-6 bulan dari momen lamaran untuk mempersiapkan segala kebutuhan. Dan pastikan pemilihan tanggal ini adalah hasil keputusan kedua belah pihak.

Putuskan akan Menggunakan Rumah atau Tempat lainnya

Dokumen dan berkas-berkas sudah di urus, tanggal sudah di pilih, selanjutnya tempat yang perlu kamu tentukan. Jika kamu memilih tempat lain seperti gedung, taman, hotel, dan tempat lainnya, pastikan kamu sudah booking jauh-jauh hari. Dan sebagai alternatif, kamu juga bisa memutuskan untuk menggunakan rumah sebagai tempat pernikahanmu digelar.

Jangan Lupa Buat Rancangan Biaya

Walaupun waktu yang kamu miliki itu singkat, kamu tetap perlu menyusun rancangan biaya pernikahanmu agar semua pengeluaran tercatat dengan baik. Selain itu pengeluaran kita jelas dialokasikan untuk kebutuhan apa saja, misalnya seperti biaya catering, venue, dekorasi, undangan, dan (jika menggunakan) Wedding Planner.

Siapkan Mahar dan Seserahan Lainnya Maksimal H-2 Bulan

Mahar jadi salah satu syarat untuk menikah, maka dari itu untuk memberikan mahar dan seserahan lainnya bisa dipersiapkan dari jauh-jauh hari. Dan sebelum membeli khususnya seserahan, kamu bisa menanyakan kepada calon istrimu, barang apa saja yang dijadikan seserahan, sehingga akan jadi manfaat bila seserahan sesuai dengan apa yang di inginkan dan dibutuhkan. Oh iya sebagai catatan, usahakan untuk mempersiapkannya maksimal h-2 Bulan.

Buat Daftar Tamu dan Siapkan Undangan Digital

Jika persiapan yang penting sudah dirasa terpenuhi, kamu bisa langsung membuat daftar tamu. Dan ketika membuatnya kamu dan pasangan harus kompromi untuk memilih siapa yang akan diundang ke pernikahanmu. Dengan waktu yang tersisa, kamu perlu membatasi tamu undangan agar pernikahan menjadi sakral dan bermakna. Setelah membuat daftar tamu, sebagai solusi untuk menghemat waktu, kamu bisa memilih undangan dalam bentuk digital, karena pembuatannya tidak memerlukan waktu yang banyak.