Mindfulness: Tips Tenang Menjelang Hari Pernikahan

eric-alves-divFrH3p6nc-unsplash

Pernikahan jadi momen spesial yang ditunggu-tunggu. Untuk itu perlu di persiapkan sebaik mungkin. Persiapannya bisa berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun untuk bisa jadi momen yang penuh kebahagiaan dan tak terlupakan.

Tanpa disadari momen pernikahan ini cepat berlalu, untuk itu begitu penting menyadari sepenuhnya dalam proses persiapan pernikahan ini. Untuk menyadari setiap momennya perlu melatih mindfulness, atau sederhananya yaitu menyadari momen saat ini. Mindfulness bisa membawamu sekaligus membantu diri untuk menyadari secara utuh setiap momen dalam persiapan pernikahan yang berharga ini.

Apa itu Mindfulness?

Mindfulness merupakan satu kesadaran penuh untuk menyadari momen saat ini (disini-kini) dan fokus pada dalam diri untuk menerima kenyataan se apa adanya. Dengan mindfulness ini dapat membantu kita melatih kebiasaan untuk tidak reaktif terhadap pikiran,emosi dan tingkah laku kita. Mindfulness menyuruh kita untuk cukup menyadari pikiran kita tanpa menghakiminya.

Bagaimana Cara Melatih Mindfullness Menjelang Hari Pernikahan?

Melatih mindfulness sebaiknya dilakukan jauh-jauh hari. Jadi kita bisa berlatih,dan menjadikan mindfullness ini sebagai persiapan diri dalam hal kesehatan mental untuk hari pernikahan. Lewat berlatih mindfulness, dapat membantu untuk lebih fokus dan hadir di setiap momen saat ini.

Ada berapa latihan yang bisa dilakukan, pertama itu meditasi untuk menyadari nafas (mindful seating), kedua itu makan dan minum dengan perlahan (mindful eating) , dan ketiga itu jalan kaki di alam bebas (mindful walking). Dan berikut ini 5 cara agar dapat tetap mindful saat hari pernikahan.

Nikmati Momen Sebelum Pernikahan

Dengan kita melatih diri agar tetap mindful menjadi sebuah langkah yang bijaksana untuk menikmati setiap momen sebelum pernikahan itu jadi berharga. Untuk itu manfaatkan momen itu dengan merefleksikan diri atau bisa menenangkan diri agar bisa menikmati hari pernikahan dengan baik.

Jadwalkan untuk Cek Kondisi Kesehatan

Kesehatan jadi nomer satu dalam mempersiapkan pernikahan, baik secara fisik maupun mental. Maka dari itu pastikan pasangan kita sehat menjelang hari pernikahan. Untuk memastikannya, kita bisa sama sama menjadwalkan untuk satu sama lain saling memastikan.

Kita bisa memulainya dengan menjalankan program olahraga, meditasi, hingga sesi konseling bersama pasangan. Hal ini dilakukan agar kita bisa sehat dan terutamanya mengurangi stres dan menjaga kesehatan mental bersama menjelang hari pernikahan.

Semuanya Berawal dari Tujuan

Menikah itu merupakan komitmen serius dalam suatu hubungan. Untuk itu jika kita akan menikah, biasakan untuk menyadari setiap aktivitas yang kita akan lakukan punya tujuan.

Kita bisa diskusikan visi tentang hari pernikahan bersama pasangan, karena ini dapat jadi solusi untuk mencapai ekspektasi dan keinginan bersama saat hari pernikahan datang. Sehingga kita bisa dapat bijaksana dan mindful dalam membuat setiap keputusan.

Pilih Hari Pernikahan dengan Bijak

Umumnya pernikahan itu digelar di akhir pekan, jika ingin tetap di akhir pekan pastikan untuk memilih waktu yang pas misalnya menggelarnya di malam hari atau sore hari jika pernikahan di gelar di luar ruangan.

Jika kita memilih di akhir pekan, hindari mengisi terlalu banyak acara dalam pernikahan agar kita bisa tetap menikmati setiap momen tanpa terburu-buru.

Manfaatkan Waktu Bersama Keluarga dan Teman

Karena ini menjadi momen berharga, luangkanlah waktu berkualitas bersama keluarga dan teman di acara pernikahan. Karena kehadiran keluarga dan teman-teman bisa membuat pengalaman hari pernikahan kita jadi spesial dan tak terlupakan.

 

 

 

.