Ini Dia Jenis Undangan Digital dan Kenali Perbedaannya

pexels-ron-lach-8274734

Kini undangan digital sudah jadi tren dan digunakan oleh banyak orang karena menawarkan kemudahan serta praktis saat menyebarkannya. Undangan digital pun hadir berkat adanya teknologi dan membantu kita dalam hal menyebarkan sebuah undangan. Sehingga kita bisa menyebarkan undangan kapan dan kemana saja yang kita inginkan.

Karena banyak manfaat yang akan kita dapatkan dalam undangan digital ini, makanya banyak pula yang memutuskan untuk membuat undangan dalam versi digital. Namun sebelum membuatnya, kamu perlu tau ada dua jenis undangan digital. Pertama, undangan digital dalam bentuk grafis dan kedua undangan bentuk website. Kira-kira apa perbedaannya ya? berikut penjelasannya

Cara Pembuatannya

Dari segi pembuatannya, undangan digital berbentuk grafis, lebih mudah dan bisa dilakukan sendiri. Karena undangan bentuk grafis merupakan sebuah undangan yang dibentuk dari gambar digital, sehingga kamu bisa berkreasi sekaligus menyebarkannya sendiri di media sosial kamu dan pasangan. 

Untuk membuatnya, pertama kamu bisa melihat referensi tema undangan yang diinginkan, kemudian mencantumkan informasi seperti nama kamu dan pasangan beserta orang tua masing-masing, selanjutnya tempat pernikahan, waktu dan juga tanggal acara. 

Setelah lengkap informasi apa saja yang akan dimuat, langsung saja memulai membuat undangan. Agar terlihat bagus, kamu bisa juga meminta bantuan jasa graphic designer, atau bisa untuk tetap mencobanya sendiri dengan bantuan aplikasi canva,adobe photoshop,adobe illustrator dll.

Sedangkan undangan digital berbentuk website terlihat lebih profesional, menarik serta bisa memberikan pengalaman tersendiri kepada para tamu undanganmu. Dalam undangan bentuk website ini, memungkinkan adanya banyak fitur yang tersedia dan menggunakan server, maka memerlukan bantuan jasa profesional pembuat website dalam membuat undangan digital satu ini. 

Untuk itu agar undangan digital ini efektif, kamu hanya perlu mengutarakan apa saja keinginan dan langsung mengkonsultasikannya ke jasa profesional yang sudah kamu pilih.

Kelebihan dan Kekurangannya

Kelebihan dan kekurangan yang akan kamu dapatkan ketika menggunakan undangan digital berbentuk grafis

Kelebihan

  • Mudah pembuatannya dan bisa sendiri
  • Ekonomis secara biaya produksi undangan dibandingkan undangan digital berbentuk website

Kekurangan

  • Terkesan kurang formal dan seringkali teracuhkan
  • Sulitnya manajemen tamu undangan yang akan hadir

Kelebihan dan kekurangan yang akan kamu dapatkan ketika menggunakan undangan digital berbentuk website

Kelebihan

  • Terlihat profesional dengan fitur-fiturnya yang memudahkan para tamu undangan
  • Bisa berbagi cerita melalui kata,foto, maupun video yang bisa kamu pasangkan di website

Kekurangan

  • Perlunya bantuan jasa profesional untuk mengamankan server website agar tetap aman saat diakses oleh banyak tamu.