7 Aplikasi Digital yang Wajib Dicoba untuk Perencanaan Pernikahan yang Baik

elle-cartier--NPoYf8RGRw-unsplash

Merencanakan pernikahan punya tantangan sendiri, namun tenang kini banyak hadir aplikasi-aplikasi digital iyang bisa membantu membereskan daftar ceklis setiap pekerjaanya sehingga kamu dapat terbantu dalam merencanakan sebuah pernikahan.

Beragam apllikasi,  mulai dari manajemen proyek, manajemen keuangan, budgeting, mencari insipirasi, sampai desain untuk kartu undangan digital ada. Dan kali ini invigital akan rangkumkan 7 aplikasi yang bisa membantumu merencanakan pernikahan dengan baik lewat aplikasi ini.

1. Wedsites

WedSites merupakan sebuah aplikasi manajemen proyek  yang kamu butuhkan untuk merencanakan pernikahan impian kamu dan pasangan. Aplikasi yang ramah bagi pengguna ini di dalamnya terdapat pembuat situs web pernikahan, pengelola data tamu digital, serta dapat menyusun tata letak tempat duduk tamu.

Selain itu aplikasi ini dapat membuat daftar ceklis pernikahan, agar efektif ada pastikan untuk memberikan tenggat waktu bagi setiap tugas, dan delegasikan pekerjaan kepada pasangan atau pihak lainnya yang akan membantu. Di tambah di aplikasi ini dapat mengirim undangan digital sekaligus dapat melacak RSVP secara online beserta pengingatnya.

2. Pinterest

Pinterest adalah sebuah platform untuk mencari inspirasi dalam mempersiapkan pernikahan, mulai dari dekorasi, tema pernikahan, desain undangan digital, dress code pakaian dan lainnya menjadikan Pinterest adalah tempat terbaik untuk menemukan ide gaya dan mewujudkan pernikahan impian.

Agar terkelola dengan baik, kamu bisa membuat “papan” terpisah untuk setiap kebutuhannya sesuai kategori. Lalu buat papan "master" untuk menyimpan pin favorit kamu dari masing-masing kategori yang sudah di pilih sebelumnya. Ini akan membantu kamu memadatkan semua ide menjadi satu tema. Papan Pinterest ini kemudian dapat dibagikan langsung dengan vendor pernikahan untuk membantu mereka mewujudkan pernikahan sesuai keinginan kamu.

3. Google Drive

Aplikasi pengelola file seperti google drive yang berbasis cloud dapat bermanfaat untuk merencanakan pernikahan dengan baik. Platform online gratis ini adalah tempat yang tepat untuk menyimpan hal-hal seperti dokumen kontrak vendor, foto,  undangan digital, dan daftar tamu undangan serta file  lainnya.

Google Drive dapat diakses dengan mudah melalui desktop dan perangkat seluler, sehingga Anda dapat menjelajahi dokumen dan menambahkan file baru saat dalam proses perencanaan misalnya rapat vendor.

4. Pantone Studio

Menemukan foto yang kamu sukai di Pinterest dan ingin menirunya untuk nada warna pernikahanmu? Cukup unggah ke aplikasi PANTONE Studio, dan gunakan alat pemilih warna untuk menemukan kecocokan palet warna yang tepat.

Aplikasi ini akan dengan cepat mengekstrak nilai RGB, CMYK, dan kode Hex yang kemudian dapat dibagikan kepada designer, vendor dekorasi sehingga membuatnya sangat mudah untuk mempadupadankan pallet warna.

5. Lovecast

Berkat pandemi, saat ini pernikahan virtual menjadi lebih populer dari sebelumnya. Kini pernikahan pun sering di gelar dalam format virtual. Untuk melangsungkan pernikahan virtual ada satu aplikasi namanya lovecast.

Lovecast adalah pilihan aplikasi untuk melaksanakan pernikahan virtual yang ramah pengguna dan bagus untuk tamu. Dengan cara menggunakan smartphone, tanpa teknologi yang rumit. Untuk menggunakannya kamu dan pasangan perlu mengunduh aplikasinya,masukkan tanggal pernikahan digelar, dan dapatkan URL unik untuk dibagikan tautan streaming kepada para tamu undangan.

6. Mint

Meskipun secara teknis ini bukan aplikasi perencanaan pernikahan, Mint adalah aplikasi pengelolaan uang gratis yang dapat membantu kamu dan pasangan melacak anggaran.

Aplikasi ini disinkronkan dengan rekening bank dan kartu kredit, memungkinkan kamu memantau pengeluaran dengan mudah. Selain mengelola budget, aplikasi ini dapat membuat anggaran pernikahan melalui aplikasinya dan menerima ringkasan email mingguan dan serta pengingat untuk pembayaran mendatang agar kamu dan pasangan tetap pada perencanaan awal.

7. Canva

Dengan serangkaian template modern yang tersedia di canva, kamu dan pasangan dapat membuat desain serta penyimpanan sendiri. Desain yang dibuat pun seperti  undangan pernikahan digital, dan kartu ucapan terima kasih untuk di souvenir.

Akun Canva standar dapat di akses secara gratis, namun jika kamu beralih ke canva premium akan membuka beberapa add-on luar biasa yang akan memberi akses kepada jenis font, grafik yang lebih baik, bahkan bisa mengunggah font dan gambar kamu sendiri. Untuk beralih ke premium, canva akan memberikan uji coba gratis selama 30 hari.