Bingung Memilih Mahar? Berikut 5 ide Mahar untuk Pernikahanmu

7f34f70dc8cd16a869f487d523dbcf9b

Dalam dunia pernikahan, pastinya sudah tak asing lagi dengan istilah mahar. Mahar adalah harta yang diberikan pihak mempelai pengantin pria kepada mempelai pengantin wanita atau lebih kita kenal dengan istilah mas kawin. Jadi mahar menjadi syarat pemberian wajib berupa uang atau barang yang diberikan pada akad nikah.

Selain pemberian wajib, mahar juga menjadi salah satu simbol keseriusan mempelai pria dalam membangun rumah tangga. Umumnya tak ada aturan yang baku serta batasan minimal atau maksimal dalam pemberian mahar, jadi berapapun jumlahnya dan barangnya apa, itu bisa di sesuaikan dengan kemampuan calon pengantin pria. 

Tapi bukan berarti, sang calon pengantin pria bisa bebas memberikan apa saja ya, kelayakan mahar pun menjadi pertimbangan sebagai salah satu syarat sah pernikahan. Dalam kesempatan kali ini invigital akan memberikan beberapa ide mahar menarik dan bisa disesuaikan dengan budget yang ada.

Kolase

Sumber Foto: Pinterest

Ide mahar pertama yang bisa kamu terapkan adalah kolase. Mahar pernikahan satu ini menjadi pilihan sederhana untuk mas kawin. Umumnya mahar kolase ini menggunakan uang kertas maupun logam atau bisa juga menggunakan mas yang nantinya akan disusun di atas bidang gambar/ tema yang sudah kamu pilih. Dan jangan lupa tambahkan hiasan bunga dan pasangkan bingkai agar terlihat rapih dan menarik.

Terrarium

Sumber Foto: Pinterest

Dengan membuat hiasan dari kota kaca bisa jadi ide mahar yang unik dan kekinian. Di dalam terarium ini bisa kamu sisipkan cincin serta dihiasi bunga artificial di pinggirnya, sehingga mahar kamu terlihat elegan dan cantik.

Tiket Pesawat

Sumber Foto: Unsplash

Tak hanya jadi kado pernikahan, tiket pesawat juga bisa jadi ide mahar yang menarik dan menjadi manfaat untuk pasangan baru yang menikah. Salah satunya bisa jadi kesempatan mengenal diri dalam perjalanan bulan madu serta menikmatinya bersama-sama. Dan pastikan tiket pesawat yang dibeli itu menuju destinasi favorit kalian.

Seperangkat Alat Sholat dan Perhiasan

Sumber Foto: Unsplash

Dalam pernikahan umat muslim, ide mahar ini sudah umum. Biasanya mahar ini akan disiapkan berbarengan dengan mahar uang tunai dan bisa juga ditambahkan dengan perhiasan untuk calon istri.

Hobi & Selfcare

Sumber Foto: Unsplash

Kini mahar pernikahan bisa juga seperangkat alat yang berkaitan dengan hobi calon istri. Misalnya sang istri punya hobi memasak, bisa memberikan alat-alat masak, atau hobi lainya seperti olahraga bisa memberikannya mahar seperti sepatu, baju serta alat-alat pelengkap lainnya untuk olahraga. Atau selain hobi, agar calon istri terlihat cantik dan tetap terawat, kamu juga bisa memberikan seperangkat barang selfcare misalnya seperti skincare.