10 Pilihan Venue dalam Pernikahan

gardengallery-5b

Pernikahan adalah salah satu hari paling penting dalam hidup seseorang. Ketika pasangan bertunangan, mereka akan menghabiskan semua waktu luang mereka memikirkan hari pernikahan mereka yang sempurna. Merencanakan pernikahan merupakan hal yang sangat penting memerlukan persiapan yang matang, salah satunya adalah venue atau lokasi tempat dimana pernikahan terjadi elemen yang sangat esensial karena dapat memberikan kesan terbaik dalam pernikahan.

Memilih tempat pernikahan yang sempurna dapat menjadi salah satu keputusan terpenting yang harus kamu buat ketika memulai merencanakan pernikahan impian. Namun, banyaknya pilihan tempat yang ditawarkan saat ini dapat membingungkan calon pasangan dalam memilih tempat terbaik untuk mewujudkan pernikahan impian mereka. Berikut pilihan venue dalam pernikahan yang akan menjadi saksi momen bahagia kamu dan pasangan!

Rumah Ibadah

Sumber Foto: Unsplash

Banyak pasangan yang memilih untuk melaksanakan pernikahan mereka dengan rumah ibadah, biasanya pasangan ini lebih memilih untuk menjadi tuan rumah upacara mereka di rumah ibadah. Rumah Ibadah ini sangat ideal untuk pernikahan tradisional. Biasanya rumah ibadah hanya tersedia untuk upacara, tetapi beberapa mungkin menawarkan ruang acara untuk resepsi pernikahan juga.

Hotel

Sumber Foto: G.H Universal

Hotel menawarkan lokasi pernikahan yang bagus untuk pasangan dengan banyak tamu asing. Calon pengantin dan tamu dapat tinggal di tempat dan tidak perlu khawatir untuk transportasi, karena hotel sudah pasti menjamin kenyamanan! Biasanya hotel yang lebih besar dan luas memiliki berbagai ruangan seperti ballroom dan tempat untuk dipilih, jadi pasangan memiliki banyak pilihan untuk hari besar mereka, termasuk juga untuk acara seperti makan malam latihan, dan acara lainnya.

Restoran/Tempat Makan

Sumber Foto: Maxis Resto

Bagi kamu dan pasangan penggemar berat makanan, restoran bisa menjadi tempat menarik untuk pernikahan Kamu! Menggunakan restoran sebagai lokasi untuk membuat memori atau kenangan terindah sudah menjadi tren terbaru karena restoran membuat suasana acara lebih intim dan dekat bagi keluarga dan para tamu yang menghadiri acara pernikahan.

Taman/Kebun Raya

Sumber Foto: Gedong Putih

Taman sudah menjadi tren untuk pernikahan sekarang ini, banyak pasangan yang memilih taman karena suasana serta sirkulasi udara yang baik secara alami dapat membuat acara pernikahan lebih indah dan momentum lagi. Tidak hanya itu, pernikahan yang dilakukan di kebun raya memberikan banyak keuntungan dan salah satunya adalah tidak diperlukan lagi alat atau dekorasi yang berlebihan untuk mewujudkan tema pernikahan! Karena sudah didukung oleh pemandangan dari taman itu sendiri.

Rumah Pribadi

Sumber Foto: Unsplash

Menikah di rumah adalah pilihan terbaik untuk tempat pernikahan jika kediaman salah satu orang tua atau pasangan memiliki halaman yang luas. Bahkan, menikah di rumah terasa lebih khusyuk dan santai. Tidak hanya itu, melaksanakan pernikahan di rumah juga dapat menghemat anggaran.Karena tidak perlu menyewa tempat dan tidak perlu berlomba-lomba dengan orang lain untuk memesan tempat. 

Untuk membuat acara terlihat megah dan elegan dapat dibantu dengan tenda besar sebagai alternatif, ada banyak jenis tenda dekorasi pernikahan yang bisa dipilih, mulai dari tenda VIP hingga tenda dengan variasi warna untuk membuat kesan megah dan indah. Tambahkan juga dekorasi lampu jika Kamu berencana menyelenggarakan resepsi pernikahan di malam hari.

Gedung Serbaguna

Sumber Foto: Woop.Id

Saat menyelenggarakan resepsi pernikahan, sepasang pengantin akan mengundang banyak tamu. Untuk itu, gedung serbaguna menjadi pilihan paling sederhana karena memiliki kapasitas untuk menampung tamu dengan kapasitas besar dan harga sewa yang cukup terjangkau. Selain itu, memilih acara pernikahan di gedung serbaguna adalah pilihan terbaik bagi pasangan yang memiliki budget pas-pasan namun memilih pesta pernikahan dengan dekorasi hall yang minimalis dan tidak berlebihan.

Tepi Pantai

Sumber Foto: Bridestory

Tidak ada salahnya mengucapkan janji hidup dan mati dengan latar belakang laut. Pantai sangat cocok jika Anda merencanakan konsep pernikahan dengan tema kasual, tidak memerlukan  dekorasi yang berlebihan, suasana yang dibangun akan sangat romantis. Tidak lupa dengan peran matahari terbenam, dijamin calon pengantin serta tamu yang hadir akan semakin meriah dan terpukau dengan pemandangannya.

Museum

Sumber Foto: Woop.Id

Bukan hanya tempat untuk menyimpan karya seni tapi juga bisa dijadikan lokasi untuk pernikahan! Tempat pernikahan museum sangat ideal untuk Kamu yang sedang mencari tempat pernikahan yang unik, berkesan, dan memukau tamu. Museum cenderung lebih besar, membuatnya ideal untuk pernikahan dengan jumlah tamu yang lebih banyak dikelilingi oleh seni atau artefak yang bersejarah membuat pernikahan semakin menarik.

Lapangan Golf

Sumber Foto: Bridestory

Percaya atau tidak, lapangan golf memiliki ruang yang sangat luas. Lapangan golf bisa menjadi tempat pernikahan yang sangat unik dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan acara pernikahan. Meskipun lapangan golf bukan menjadi pilihan utama untuk tempat pernikahan, sebenarnya lapangan golf memberikan banyak kelebihan salah satunya dengan pemandangan hijau dan alami serta tidak dekat dengan keramaian. Dengan daya tampung yang cukup besar, tak heran jika tempat ini menjadi favorit para pasangan yang ingin melangsungkan pernikahan dengan cara yang lebih praktis.
 

Tidak perlu mengatur waktu kedatangan karena semua tamu dapat masuk pada waktu yang sama. Nuansa yang dibangun bisa lebih santai. Karena itu, bagi Kamu calon pengantin yang cenderung ingin memiliki kedamaian dan ketenangan tanpa gangguan, lapangan golf sangat cocok untuk menjadi pilihan venue pernikahan. Tidak hanya itu, lapangan golf juga sangat aksesibel untuk dikunjungi.
 

Aquarium

Sumber Foto: Sea Aquarium

Aquarium adalah tempat pernikahan yang indah karena berbagai alasan. Nuansa berwarna biru yang tenang dipenuhi dengan ikan eksotis dan kehidupan laut akan membuat foto pernikahan sangat unik, banyak yang menawarkan banyak ruang acara, dan yang terbaik, beberapa akan mengurus dekorasi, makanan, dan pengaturan. 

Selain itu, sepasang pengantin yang ingin menginvestasikan uang untuk tujuan yang baik akan merasa senang, karena kebanyakan akuarium akan menyumbangkan sebagian dari dana yang mereka dapatkan untuk meningkatkan pendidikan dan upaya pelestarian lingkungan.

Merencanakan hak pernikahan adalah pekerjaan yang hebat dan memakan waktu, tetapi juga luar biasa menyenangkan. Maka dari itu sebaiknya pemilihan venue untuk pernikahan membutuhkan persiapan matang. Beruntung pada zaman sekarang kini pilihan venue pernikahan semakin beragam. Tidak harus di dalam gedung, bisa juga di luar ruangan untuk pesta yang lebih fleksibel dan menyenangkan!