5 Cara Mengirimkan Undangan Pernikahan

rsz_work-object-romantic-office-sheet-paper

Tahukah kamu bahwa perlu menggunakan etika saat mengirim undangan agar penerima tidak merasa tersinggung dan dihormati? Apalagi jika Anda ingin mengirimkannya melalui aplikasi atau secara online

Banyak orang sering mengabaikan adat dan etika dengan mengungkapkan informasi penting, sehingga informasi seperti pernikahan tidak dapat tersampaikan secara tidak tepat.

Saat mempertimbangkan etika yang tepat untuk membuat undangan pernikahan, ada dua hal yang perlu dipertimbangkan: waktu undangan pernikahan, dan detail informasi yang disertakan dalam undangan. Pastikan calon pengantin mengikuti etika yang baik dan benar terkait undangan pernikahan. Tidak ingin salah saat mengirimkan undangan digital, berikut 5 tips cara mengirimkan undangan pernikahan beretika,


Mengirimkan Undangan secara Personal

Memang, undangan digital memiliki banyak keuntungan dan salah satunya adalah dengan kepraktisannya. Namun banyak orang lupa bahwa undangan yang praktis bukan berarti tidak memerlukan etika, Maka dari itu untuk mengirimkan undangan digital lebih baik tidak disebarkan melalui broadcast.

Sangatlah tidak etis atau sopan jika mengirimkan susunan informasi penting seperti pernikahan kamu dan pasangan melalui pesan sebar sekali kirim. Hal ini akan membuat penerima merasa tersinggung dan mengurangi sifat personal undangan tersebut. Tidak hanya itu, mengirim undangan secara personal juga membuat penerima undangan merasa dekat dengan kamu dan pasangan lho!

Menyusun Informasi To the Point

Mengirimkan undangan pernikahan tidak sama dengan mengunggah foto atau status dalam media sosial. Walaupun menggunakan undangan digital, Kamu dan pasangan dapat membuatnya menarik namun tetap informatif. Jika memungkinan, sertakan puisi atau ilustrasi peta perjalanan menuju pernikahan untuk membuatnya lebih romantis. 

Dilanjutkan dengan tata bahasa yang digunakan, lebih baik untuk menghindari kata tunggal atau gunakan singkatan yang kurang perlu. Lalu, Pastikan juga semua informasi penting disertakan dalam undangan seperti nama, alamat, lokasi upacara, dan waktu acara pernikahan.

Menuliskan Alamat Penerima dengan Benar

Mencantumkan alamat tamu dengan benar adalah bagian penting dari etiket undangan pernikahan bahkan menjadi bagian pertama dari undangan pernikahan yang akan dilihat tamu saat membuka undangan.

Terutama jika Kamu dan pasangan mengundang tamu dengan panggilan yang sesuai, sangatlah penting untuk menuliskannya secara tepat. Dengan kata lain memperhatikan pengejaan yang baik dan benar agar tidak salah diterima oleh orang lain ya.


Jangan Lupakan Detail

Dalam pernikahan menyesuaikan konsep undangan dengan tema pernikahan adalah hal esensial. Apalagi jika pernikahan Kamu dan pasangan menyertakan dress code. Tidak ada yang ingin tamu salah mengenakan kostum atau pakaian karena informasi yang Kamu dan pasangan cantumkan tidak jelas.

Menggunakan foto tertentu atau menuliskan gaya kostum seperti formal atau informal untuk acara pernikahan Kamu dan pasangan akan lebih baik untuk penerima yang akan menjadi tamu di acara spesial ini.

Mengirim Undangan Lebih Awal

Saat mengirim undangan pernikahan, calon pengantin pasti ingin memberi tamu banyak waktu untuk meluangkan jadwal untuk hari pernikahan. Untuk tamu yang tinggal di luar kota harus membuat rencana perjalanan untuk menghadiri acara spesial Kamu dan pasangan, Maka dari itu pastikan tamu memiliki kenyamanan untuk pengaturan jadwal yang tepat, rencanakanlah pengiriman undangan pernikahan sekitar 6-8 bahkan 12 minggu sebelum tanggal pernikahan

Menggunakan 5 tata cara diatas, kamu dan pasangan dapat yakin untuk mengirim undangan pernikahan yang elegan tidak hanya dalam gaya, tetapi juga dalam penulisan undangan. Soal etiket, itu semua tergantung pada waktu dan detail undangan itu sendiri. Dengan mengambil langkah-langkah yang tepat dapat dipastikan bahwa kamu dan pasangan sebagai penyelenggara acara akan berkesan bagi para tamu karena menghargai mereka.