7 Kesalahan yang Kerap Dilakukan Saat Mempersiapkan Pernikahan

photo-1509927083803-4bd519298ac4

Dalam persiapan pernikahan, akan ada banyak hal yang perlu dipersiapkan. Selain persiapan fisik yang akan menguras tenaga, prosesi pernikahan juga akan membuat sepasang calon pengantin mempersiapkan hal-hal yang sebenarnya di balik prosesi resepsi. 

Kamu dan pasangan memang harus merencanakan persiapan pernikahan ini jauh-jauh hari sebelum waktu pelaksanaannya. Dari perencanaan itu sendiri, bisa saja terjadi berbagai hal dalam merencanakan pernikahan yang salah atau tidak dilakukan sesuai dengan rencana yang ada. Apalagi jika Kamu dan pasangan tidak melakukan perencanaan sama sekali. Lantas apa saja kesalahan yang sering terlewatkan dan gagal dalam merencanakan pernikahan ini?

Berencana Sebelum Membuat Anggaran

Membuat rencana sebelum menetapkan parameter keuangan tidak jauh berbeda dengan belanja tanpa melirik label harga. Kamu menambah resiko untuk memilih gaun atau lokasi yang akan menghancurkan hati ketika Kamu dan pasangan menyadari bahwa untuk membelinya, mengharuskan Kamu dan pasangan untuk mengurangi daftar tamu atau mungkin membatalkan bulan madu. 

Dalam merencanakan pernikahan, membuat anggaran merupakan rintangan awal yang harus dilalui. Berencana sebelum membuat anggaran akan membuat rencana pernikahan Kamu menjadi kacau! Tidak ada orang yang ingin pengeluaran keuangan mereka membengkak, bukan?

Terburu-Buru Menentukan Konsep Pernikahan

Tema atau konsep pesta pernikahan adalah sesuatu yang sudah ditunggu-tunggu calon pengantin serta para tamu. Untuk menentukan konsep pernikahan ini, Kamu perlu merencanakannya dengan matang dan mendiskusikannya dengan calon pasangan, keluarga serta keluarga calon pasangan. 

Hal ini dilakukan karena kemungkinan beberapa perbedaan yang diinginkan oleh pasangan atau keluarga tentang konsep pernikahan terutama kaitannya dengan Indonesia yang memiliki ikatan erat dengan budaya ketika merencanakan pernikahan. 

Bila hal ini terjadi, maka perlu dibicarakan baik-baik agar dapat menjalin dan menyepakati bersama tentang konsep pernikahan yang akan dirayakan. Dengan adanya kesepakatan bersama ini, pernikahan calon pengantin juga berpeluang untuk berjalan dengan lancar dan sukses karena mendapat dukungan dari banyak pihak.

Memesan Venue Sebelum Membuat Daftar Tamu

Kesalahan selanjutnya dalam mempersiapkan pernikahan adalah memesan aula pernikahan sebelum membuat daftar tamu yang jelas. Tentu hal ini sangat berisiko dan berpotensi membuat pernikahan kacau balau! Salah satu tujuan dari lokasi pernikahan adalah agar para tamu merasa lebih nyaman saat acara resepsi, tentunya dengan menyediakan tempat yang cukup dan sesuai dengan daya tampung yang harus dipenuhi. 

Sangat tidak disarankan untuk terburu-buru untuk memesan tempat, karena bisa jadi jumlah tamu yang diundang ternyata melebihi kapasitas venue yang sudah dipesan. Jika hal ini terjadi, akan membuat tamu tidak nyaman berada di tempat yang ramai tersebut. Dan pada akhirnya, pernikahan Kamu dan pasangan tidak mencapai target impian.

Sebaliknya, jika sudah memesan tempat yang kebetulan memiliki jumlah tamunya sedikit, tentu hal ini akan merugikan anggaran Kamu dan pasangan. Ruang dan tempat yang tidak terpakai menjadi kerugian karena anggaran tersebut dapat digunakan untuk membiayai hal lain. 

Maka dari itu, harus terlebih dahulu disarankan untuk menentukan jumlah tamu yang akan diundang sebelum memesan venue yang akan digunakan. Dengan ini, sebuah acara pernikahan akan membuat para tamu merasa lebih nyaman serta acara berjalan lebih baik dan lebih sukses.

Tidak Mempertimbangkan Cuaca

Wedding outdoor memang sedang trend sekarang ini, konsep vintage yang dipadukan dengan wedding outdoor menjadikan pesta pernikahan bertema unik, namun kendala terbesar pada wedding outdoor adalah cuaca yang tidak dapat diprediksi. 

Bagi kamu dan pasangan yang ingin pernikahan dengan konsep diluar ruangan ini harus memikirkan, merencanakan secara matang untuk memprediksi kapan dan dimana pernikahan akan ada dilaksanakan. Banyak dari pasangan yang akan melakukan pernikahan seringkali melupakan cuaca menjadi peran sangat penting dalam terlaksananya acara. Jika pernikahan di luar ruangan akan tetap terjadi, Kamu dan pasangan harus menyiapkan anggaran lebih untuk kenyamanan khususnya menyiapkan tenda lebih sebagai alternatif jika hujan dan cuaca menghambat pernikahan Kamu.

Berharap Teman untuk Bekerja sebagai Professional

Memiliki teman atau anggota keluarga yang merupakan wedding planner atau penyedia jasa pernikahan memang terlihat sangat menguntungkan. Harapannya tentu saja bisa memangkas budget pernikahan dengan menggunakan harga teman atau mendapatkan diskon dari mereka. Namun, banyak pasangan melakukan kesalahan dengan lupa dalam memastikan juga teman atau kerabat profesional di bidangnya, terlepas dari status hubungan dengan mereka.

Akan sangat merugikan jika mereka tidak profesional, seperti ceroboh atau lamban dalam bekerja, akan berdampak pada pesta pernikahan impian menjadi berantakan. Melakukan polling atau meminta suara dan pendapat bersama pasangan dan keluarga dalam menentukan wedding organizer akan sangat membantu.

Membeli Gaun Pernikahan secara Online

Bagi calon mempelai wanita, semua orang tahu bahwa gaun pernikahan merupakan hal yang sangat penting dan akan menjadi sorotan para tamu di acara pernikahan. Memang, saat ini sudah banyak sekali butik pengantin yang menawarkan berbagai macam gaun pengantin yang menarik dengan harga yang bersaing. 

Tetapi membelinya tanpa ada kebijakan pengembalian yang terjamin akan menimbulkan masalah bagi mempelai wanita akan kecewa karena yang terlihat pada gambar di toko online tidak sesuai dengan kenyataan. Tentu saja, acara pernikahan tidak akan berjalan dengan mulus jika gaun yang akan dikenakan tidak sesuai harapan.

Menyiapkan Acara Pernikahan Sendiri

Terkadang mempersiapkan pernikahan memang menimbulkan kecemasan bagi calon pengantin, tidak sedikit dari calon pengantin yang berakhir dengan menyiapkan segalanya sendiri dan tidak percaya dengan jasa pernikahan atau wedding planner melakukan tugasnya. Sehingga banyak pengantin yang melakukan micro managing, pada faktanya untuk mempersiapkan pernikahan membutuhkan kepercayaan satu sama lain agar pernikahan dapat berlangsung dengan lancar.

Proses pernikahan itu sakral dan diyakini bisa menjadi penghubung resmi antara dua orang lawan jenis yang tidak memiliki hubungan darah. Pernikahan dianggap sebagai pintu gerbang ke hubungan yang lebih dekat antara dua keluarga. Namun, ternyata banyak pihak yang salah dalam mempersiapkan pernikahan.

Bagi calon pengantin yang ingin melangsungkan pernikahan perlu berdiskusi secara mendalam dengan keluarga calon pengantin. Jangan sampai proses pernikahan yang sudah dipersiapkan berubah menjadi kegiatan yang mengundang banyak kesalahan. Jadi, agar tidak menyesal nantinya, pastikan untuk menghindari beberapa kesalahan saat mempersiapkan pernikahan impian Kamu dan pasangan terwujud.