5 Tahapan yang akan Kamu Lewati di Kehidupan Pernikahan

shea-rouda-mRQk1B4OM0k-unsplash

Untuk mencapai titik kebahagiaan yang sejati memang butuh perjuangan bukan?, apalagi bagi pasangan yang baru menikah, akan banyak penyesuaian kehidupan setelah menikah. Selain penyesuaian, akan ada tantangan-tantangan dalam membangun rumah tangga yang harmonis dan langgeng. Semua itu akan tercipta bila setiap pasangan saling memahami dan mengerti satu sama lain.

Seorang psikoterapis dan marriage and relationship educator coach Dawn J Lipthrott, mengatakan setiap pasangan suami dan istri akan melewati 5 tahapan perkembangan dalam kehidupan pernikahan. Dan 5 tahapan itu perlu dipahami oleh setiap pasangan, sehingga ketika dihadapkan pada masalah akan bertemu dengan solusi yang tepat dan tidak berujung pada perceraian.

Untuk itu kita sama sama mencari tahu tahapan aja yang akan dilalui dalam kehidupan menikah.

Romantic Love

Tahapan ini paling menyenangkan dan menggairahkan, karena di tahap ini pasangan suami istri sedang merasakan gejolak cinta yang terasa menggebu-gebu dari masing-masing pasangan.

Di tahapan ini pula, kebahagiaan penuh menghampiri mereka, sehingga dimanfaatkan untuk melakukan kegiatan romantis dan menghabiskan waktu berdua. Dawn J Lipthrott mengatakan tahapan ini bisa terjadi di momen awal pernikahan atau saat bulan madu yang menjadikan setiap pasangan semakin romantis.

Disappointment or Distress

Setelah pasangan merasakan kebahagiaan dan penuh cinta, di tahapan ini setiap pasangan diberikan ujian kehidupan menikah. Setiap pasangan pun mulai saling menyalahkan, timbul rasa kecewa dan marah ketika semua hal tak berjalan lancar. Dan semua itu bisa sewaktu-waktu terjadi.

Ada banyak faktor yang membuat masalah rumah tangga menjadi besar dan berdampak pada kondisi hubungan suami istri. Hal ini sejalan dengan apa yang diutarakan oleh Dawn J. Lipthrott bahwa tahapan ini bisa terjadi jika ada masalah yang kerap hadir di dalam rumah tangga. 

Dan pemicunya bisa terjadi, jika ada satu pihak yang merasa terkhianati dan sakit hati oleh pasangannya sendiri. Di tahapan ini juga dipenuhi dengan rasa marah, kecewa dan sedih yang akan berdampak buruk pada kelanjutan hubungan suami dan istri, sehingga ada rasa ingin berpisah dengan pasangannya.

Knowledge and awareness

Dalam tahapan ini, pasangan suami dan istri sudah mulai mengenal satu sama lain, sehingga keduanya akan saling mengerti dan memahami satu sama lain. Dan menurut Dawn J. Lipthrott, di tahapan ini akan terjadi pasangan suami istri yang mencari makna dalam sebuah pernikahan dari cerita dan pengalaman orang lain yang usia pernikahannya lebih dewasa dari mereka.

Setiap pasangan yang berada di tahapan ini pun, akan mulai mengikuti banyak webinar atau mengedukasi dirinya dengan banyak topik percintaan dan hubungan, sehingga tak jarang untuk memilih menyelesaikan masalah sendiri.

Transformation

Dalam tahapan ini, setiap suami dan istri akan berusaha saling menyenangkan dan mencoba memahami satu sama lain, hingga pada akhirnya saling menghargai di dalam kehidupan pernikahan.

Menurut Dawn J. Lipthrott, seorang suami istri akan merasa pernikahannya lebih harmonis karena di tahapan ini mereka sudah saling memahami perbedaan yang ada, sehingga jika ada permasalahan bisa diselesaikan dengan solusi terbaik. Karena bila pasangan suami istri bisa saling menghargai dan menghormati setiap perbedaan, maka hubungan pernikahan akan lebih harmonis.

Real Love

Dalam tahapan ini, pasangan suami dan istri akan punya kualitas waktu yang berharga untuk saling memberikan perhatian dan cinta satu sama lain. Dawn J. Lipthrott menjelaskan bahwa di tahapan ini akan dipenuhi keceriaan,kemesraan, dan keintiman dalam menjalani kehidupan pernikahannya.

Sehingga pasangan suami dan istri yang telah mencapai pada tahapan ini akan lebih menghayati cinta dan memberikan kasih sayang yang tulus. Dan diharapkan agar pasangan suami istri bisa bekerja sama untuk mencapai tahap real love ini.

Tentunya setiap pasangan akan melewati fase yang berbeda-beda dan punya tantangannya tersendiri. Dan itulah tahapan pernikahan yang dikemukakan oleh Dawn J. Lipthrott yang bisa jadi gambaran kamu dalam membangun rumah tangga yang harmonis dan langgeng sampai akhir hayat.