Financial Hacks: Mempersiapkan Dana Pernikahan untuk Masa Depan yang Lebih Baik

kelly-sikkema-3-Tc_5LROrM-unsplash

Mempersiapkan pernikahan punya tantangan tersendiri, salah satunya adalah dari aspek finansial. Finansial menjadi penting karena berhubungan biaya resepsi pernikahan yang seringkali meningkat bahkan melampaui batas. 

Umumnya para pasangan yang akan menikah tak menyadari, bahwa banyak hal yang perlu di persiapkan dan semuanya hampir memerlukan biaya. Untuk itu sebagai langkah mengawali persiapan pernikahan yaitu merencanakan persiapan finansial untuk pernikahan. 

Berikut langkah-langkah cermat untuk membantu memenuhi tujuan finansial dalam mempersiapkan pernikahan.

Diskusikan Ekspektasi

Pada intinya pernikahan itu jadi momen menyatukan dua orang untuk bersatu dalam ikatan yang sah baik secara agama maupun negara. Maka dari itu, hal pertama yang bisa dilakukan dalam merencanakan pernikahan yaitu berdiskusi soal ekspetasi masing-masing.


Hal-hal yang bisa di diskusikan ialah visi-misi, lokasi pernikahan, tema pernikahan, berapa tamu yang akan di undang, konsep pernikahan misalnya intimate wedding. Sehingga setelah di diskusikan kamu dan pasangan bisa punya gambaran umum dan mulai menghitung rancangan anggaran biayanya dalam perencanaan pernikahan. 

Mulailah Menabung Lebih Awal

Jika kamu tahu pernikahan akan datang di masa depan, mulailah menyisihkan dana secepat mungkin. Beberapa pasangan bahkan mulai menabung sebelum mereka bertunangan. Langkah yang bisa dilakukan ialah bisa membuka rekening tabungan terpisah khusus untuk biaya pernikahan. 
 

Setelah punya rekening terpisah, tinggal konsisten untuk menyimpan dana dengan baik sehingga membantumu terhindar dari pinjaman atau menggunakan kartu kredit untuk membayar biaya pernikahan. Sehingga anda terbebas dari hutang saat memulai awal kehidupan berumah tangga. 

Setujui Anggaran Pernikahan secara Bersama

Biaya pernikahan bisa sangat variatif, dari pernikahan sederhana hingga mewah dengan biaya tinggi. Beberapa elemen biaya pernikahan yang perlu dipertimbangkan meliputi: Tempat pernikahan, katering, Undangan, Gaun dan pakaian pernikahan hiburan seperti band, dekorasi dan bunga, fotografer dll. 

Kamu dan pasangan perlu menyepakati anggaran untuk pernikahan. Apakah kamu  dan pasangan akan membiayai sendiri atau menerima dukungan finansial dari keluarga. Punya anggaran yang jelas akan membantu mengatur ekspektasi selama perencanaan dari rincian biaya pernikahan.

Pertimbangkan Menggunakan Jasa Perencana Pernikahan

Salah satu cara terbaik untuk mengelola biaya pernikahan adalah bekerja sama dengan perencana pernikahan profesional. Mereka dapat membantu perencanaan sesuai dengan anggaran. 

Perencana pernikahan punya daftar list vendor, kemudian kamu tak perlu memikirkan lagi siapa penanggung jawab vendor sehingga dapa meminimalisir  terjadinya biaya yang tak terduga. Meskipun menyewa perencana pernikahan bisa menjadi biaya tambahan, pada akhirnya hal ini bisa menghemat uang dalam jangka panjang.

Bandingkan Biaya

Biaya untuk berbagai layanan pernikahan dapat meningkat karena permintaannya tinggi. Jika kamu memiliki fleksibilitas dalam memilih tanggal pernikahan, pertimbangkan mengadakan pernikahan di bulan-bulan yang sering ada pernikahan untuk menghemat biaya. Bisa jadi pertimbangkan untuk membandingkan memilih tanggal diluar musim pernikahan.

Dan ingat, semua keputusan dalam perencanaan pernikahan adalah keputusan bersama. Setelah kamu merinci biayanya, coba untuk kembali menghitung uang dan menseleksi kembali hal-hal yang tidak perlu. 

Diskusikan apakah ada pilihan alternatif yang lebih terjangkau untuk persiapan pernikahan, seperti katering dekorasi atau undangan. Evaluasi hal apa yang paling penting bagi kamu dan pasangan sebelum bertransaksi. Dengan perencanaan yang cermat, pernikahan impianmu bisa terwujud tanpa membahayakan kondisi keuanganmu.